Seat Belt Tak Kuat Tahan Beban Tubuh, 108 Ribu Ford Ditarik

ray, CNN Indonesia | Kamis, 22/08/2019 21:46 WIB
Seat Belt Tak Kuat Tahan Beban Tubuh, 108 Ribu Ford Ditarik Ford kembali melakukan penarikan untuk 108.000 unit yang dijual di Amerika Utara akibat sabut pengaman. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Recall atau penarikan kembali secara massal menghantui perusahaan otomotif asal Amerika Serikat, Ford.

Salah satu perusahaan mobil terbesar di AS, Ford kembali melakukan penarikan untuk 108.000 unit yang dijual di Amerika Utara akibat sabut pengaman tidak kuat menahan beban tubuh pengemudi dan penumpang depan ketika kendaraan terlibat kecelakaan.

Penarikan itu meliputi Ford Fusion dan Lincoln MKZ untuk tipe tertentu untuk pembuatan mulai 2015. Perusahaan mengatakan sabuk pengaman untuk kursi depan kehilangan kekuatan karena faktor panas dari kabel yang terkelupas yang berimbas pada kerusakan sabuk pengaman.


Dalam kondisi sabuk rusak itu tidak cukup menahan beban tubuh penumpang ketika mobil terlibat tumbukan mengutip boston.com, Rabu (21/8).

Kerusakan bagian kabel yang merusak struktur sabuk tidak bisa diprediksi sebelumnya, akibatnya Ford mengabarkan satu penumpang cedera terkait masalah tersebut.

Dilansir abcnews.go.com, pihak Ford akan mulai menarik mobil dari tangan konsumen untuk selanjutnya dilakukan perbaikan pada bagian kabel. Ford memberikan penjelasan akan melapisi kabel yang bahan khusus agar tidak merusak bagian seat belt. Recall Ford akan dimulai pada 9 September.

Awal tahun ini perusahaan dengan ciri khas warna biru itu telah menarik kembali hampir 1 juta kendaraan mereka dari pasaran. Penarikan dilakukan terkait adanya masalah dengan kantung udara (airbag) yang dapat menurunkan keselamatan penumpang.

Raksasa otomotif asal AS itu mengumumkan bahwa penarikan tersebut berdampak pada lebih dari 953.000 kendaraan di seluruh dunia dengan inflator kantong udara penumpang hasil produksi pabrikan kantong udara Takata.

Kantong udara itu berisiko dapat meledak dan menyebabkan serpihan yang beterbangan. Penarikan Ford sebagian besar berdampak pada pemilik mobil di Amerika Serikat. Maklum saja, 782.000 kendaraan ini berada di negara tersebut. Ini adalah bagian dari rangkaian penarikan terbesar dalam sejarah negara tersebut.

Kendaraan yang terkena dampak dari penarikan tersebut meliputi Ford Edge 2010, Lincoln MKX 2010, Ford Ranger 2010-2012, Ford Fusion 2010-2012, Lincoln MKZ 2010-2012, Mercury Milan 2010-2011, dan Ford Mustang 2010-2014. (ryh/mik)