Youtube Ungkap 2 Tipe Video Kesukaan Penonton Indonesia

ndn, CNN Indonesia | Rabu, 21/08/2019 20:28 WIB
Youtube Ungkap 2 Tipe Video Kesukaan Penonton Indonesia Ilustrasi (CNN Indonesia/Jonathan Patrick)
Jakarta, CNN Indonesia -- Youtube mengungkap terdapat dua jenis video yang paling disukai penonton Indonesia. Pertama adalah kuliner dan kedua adalah video kecantikan.

Head of Large Marketing Google Indonesia Muriel Makarim mengungkap di Indonesia, terdapat lebih dari 6000 channel yang memiliki konten video kuliner. Jenis video yang paling banyak biasanya berupa review makanan juga video tutorial memasak.

Bahkan kata kunci "boba" mengalami kenaikan hingga 6 kali dari tahun sebelumnya. Boba merupakan makanan berbentuk bola-bola kecil berwarna hitam yang terbuat dari tapioka. Biasanya boba dicampur dalam minuman seperti milk tea.


Jenis video lainnya yang juga banyak digemari penonton Indonesia adalah kecantikan. Tren make-up natural yang saat ini banyak dicari menyumbang 4 kali pencarian lebih banyak dibanding 2018. Sebanyak lebih dari 1600 channel terkait terbesar di seluruh Indonesia.

"Beauty juga yang kita lihat trennya semakin banyak. Gak cuma dari influencers terkenal, tetapi juga dari kreator yang tersebar dari berbagai kota non metro di Indonesia," tuturnya dalam konferensi pers di Jakarta Pusat, Rabu (21/8).

Ia pun mengungkap jumlah saluran Youtube dengan lebih dari 1 juta pelanggan di Indonesia terus bertambah setiap harinya. Sepanjang 2019, tercatat sudah ada lebih dari 340 saluran yang mendapat Silver Play Button. Ini adalah penghargaan bagi Youtuber yang memiliki lebih dari 1 juta pelanggan.

Makarim pada mengatakan, Indonesia merupakan salah satu negara dengan perkembangan kreator terbesar se-Asia Pasisik.

"Bukan hanya dari Jakarta saja, tapi kreator tersebar dari Sumatera all the way sampai Papua," tuturnya.

Saat ini, lebih dari 79 juta orang berusia di atas 18 tahun merupakan penonton aktif Youtube setiap bulannya. (eks/eks)