KLHK Buat Aturan Pengurangan Sampah Plastik

CNN Indonesia | Senin, 26/08/2019 07:05 WIB
KLHK Buat Aturan Pengurangan Sampah Plastik Ilustrasi. (dok. CNN Indonesia/Farid)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tengah merampungkan aturan berupa "Peta Jalan Pengurangan Sampah Plastik Oleh Produsen". Peta jalan ini diperlukan demi mengurangi produksi sampah plastik setidaknya 30 persen dalam 10 tahun mendatang.

Direktur Pengelolaan Sampah KLHK Novrizal Tahar menjelaskan bentuk regulasi itu nantinya, produsen harus menyampaikan laporan baseline setiap tahun terkait program apa yang mereka akan jalankan untuk mengurangi sampah plastik.

"Jadi kita akan rilis semacam regulasi yang berjudul Road Map Pengurangan Sampah Oleh Produsen, dengan adanya regulasi itu menjadi mandatori untuk semua produsen. Bentuknya, semua produsen nanti dia akan menyampaikan laporan dalam bentuk baseline setiap tahun," jelas Novrizal kepada awak media di Arborea Cafe, Jakarta, Rabu (21/8).


Dia mencontohkan, Unilever sebagai perusahaan consumen goods yang salah satu produknya ialah bahan pembersih pakaian atau detergen, yakni Rinso. Perusahaan harus melaporkan baseline kemasan Rinso setiap satu tahun.

Setelah itu, Unilever harus membuat roadmap dalam 10 tahun ke depan untuk pengurangan sampah kepada KLHK minimal 30 persen.

"Misal model Rinso, mereka melakukan perubahan packaging misalnya ternyata bisa mengurangi 13 persen sampah. Hal itu yang nanti dibuat perencanaannya oleh setiap produsen selama 10 tahun untuk mengurangi, kita masih menerapkan angkanya dalam diskusi minimal 30 persen pengurangannya [sampah]," jelas Novrizal.

Ditanya apakah ada sanksi khusus bagi perusahaan yang tidak mematuhi aturan itu, KLHK mengatakan tidak ada sanksi namun pihaknya hanya akan sekedar menyurati dalam bentuk surat teguran.

Surat teguran itu akan dipublikasikan di website resmi KLHK maupun media sosial untuk memunculkan efek jera.

"Ya memang level permen itu kan memang tidak dimungkinkan sanksi, ada yang tidak taat pasti kita suratin aja udah malu pasti dan bisa saja kita umumkan ke publik," pungkas Novrizal.

KHLK sempat menyebut terjadi penurunan sebanyak 1 persen sampah plastik atau sekitar 30 ribu ton pada 2018 lalu di Indonesia. Penurunan sampah plastik itu diambil tahun 2016, yang mana saat itu tumpukan sampah plastik mencapai 16 persen.

Selain itu pemerintah juga telah membuat aturan terkait sampah plastik yang telah dimasukkan ke dalam kebijakan strategi nasional dan strategi daerah untuk mengurangi sampah sekitar 30 persen.

[Gambas:Video CNN] (din/eks)