Astra Menang Tender Mobil Menteri, Pengadaan Dilakukan Toyota

ray, CNN Indonesia | Kamis, 22/08/2019 11:33 WIB
Astra Menang Tender Mobil Menteri, Pengadaan Dilakukan Toyota Ilustrasi. (Foto: Dok. Toyota via www.motor1.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Astra Internasional terpilih menjadi perusahaan penyalur mobil-mobil menteri untuk periode 2019-2024. Astra menang dalam proses tender pengadaan kendaraan menteri negara atau pejabat setingkat menteri.

Astra menang dengan penawaran senilai Rp147,229 miliar mengalahkan dua perusahaan lain yang juga lolos ke tahap evaluasi yaitu PT New Ratna Motor Rp147,312 miliar dan PT Hadji Kalla dengan penawaran Rp147,575 miliar.

Adapun nilai pagu paket Rp152,54 miliar, sementara Harga Perkiraan Sendiri (HPS) lelang itu Rp147,312 miliar. Lelang diikuti sedikitnya 41 perusahaan dengan tanggal pembuatan 19 Maret 2019.


Mengutip situs resmi Sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) pada Kamis (22/8), pengadaan mobil-mobil menteri ini menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) periode 2019.

Head of Investor Relation Astra International Tira Ardianti belum bisa bicara banyak soal kelanjutan pengadaan mobil baru untuk para menteri. Ia hanya menyampaikan bahwa 'pemegang kendali' proyek ini bakal diserahkan kepada anak perusahaan, yaitu Toyota-Astra Motor (TAM).

"Ya nanti di grup Toyota, silahkan cek ke mereka," ucap Tira.

Sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hingga periode pertama Presiden Jokowi hampir berakhir, mobil dinas para menteri belum pernah diganti. Mereka masih menggunakan Toyota Crown Royal Saloon.

Sekadar informasi, syarat perusahaan yang ikut dalam tender ini wajib memiliki bengkel, teknisi, hingga peralatan yang lengkap. Selain itu ada juga syarat bahwa perusahaan harus punya layanan siaga 24 jam untuk perbaikan, suku cadang, dan storing. (ryh/mik)


ARTIKEL TERKAIT