Pakai Data GfK, Samsung Sebut Tetap Rajai Ponsel Indonesia

jnp, CNN Indonesia | Kamis, 22/08/2019 16:42 WIB
Samsung menyebut berdasarkan data GfK, perusahaannya masih tetap merajai pangsa pasar ponsel Indonesia dan tak disalip oleh Oppo Ilustrasi (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Samsung mengklaim masih menjadi penguasa pangsa pangsa pasar ponsel pintar di Indonesia pada kuartal kedua. Hal ini berdasarkan data pengapalan ponsel yang didapat dari riset dari GfK.

Sebelumnya, berdasarkan riset Canalys, Oppo berhasil menyalip posisi Samsung ke peringkat pertama bisnis ponsel pintar di Indonesia.

IT Mobile & Vice President Samsung Electronics Indonesia, Bernard Ang, mengatakan pangsa pasar Samsung mencapai 50 persen hingga Juni 2019.


"Kami diberi penghargaan sebagai merek Indonesia nomor satu untuk delapan tahun berturut turut. Dengan pangsa pasa 50 persen," kata Ang dalam peluncuran Samsung Galaxy Note 10 di Jakarta Selatan, Rabu (21/8).

Head of Product Marketing Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia, Denny Galant mengatakan lembaga riset GfK memiliki kredibilitas tinggi yang sering dipakai pelaku industri untuk menakar pasar di seluruh dunia.

Ia juga mengatakan memiliki metode perhitungan dengan mencatat produk yang terjual atau produk yang telah sampai ke tangan konsumen.

"Kami melihat dari survei GfK. GfK melihat jumlah pembelian yang di toko. GfK itu lembaga independen. Tapi yang lebih penting bagaimana kita memenuhi kebutuhan konsumen," kata Denny.

Akan tetapi, Denny menolak membeberkan jumlah unit yang terjual dalam pada kuartal kedua 2019. Denny mengatakan perbedaan angka pangsa pasar disebabkan oleh perbedaan metodologi penghitungan setiap lembaga riset.

"Market share itu kita ambil data dari GfK Mereka mencatat pembelian yang terjadi. Pembelian yang dilakukan konsumen," kata Jenny.

Berbeda dengan GfK yang mencatat penjualan ponsel, Canalys melakukan perhitungan berdasarkan pengapalan ponsel. Pengapalan adalah jumlah ponsel yang keluar dari pabrik untuk suatu pasar tertentu.

Berdasarkan data Canalys, Oppo memiliki pangsa pasar 26 persen dengan pertumbuhan 54 persen dari periode yang sama setahun silam.

Samsung untuk pertama kalinya merosot satu peringkat ke nomor dua dengan pangsa pasar 24 persen dan pertumbuhan 10 persen dari tahun lalu.

[Gambas:Video CNN] (eks/eks)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK