Xpander Masih Dibidik Jadi MPV Reli Pertama di Dunia

fea, CNN Indonesia | Jumat, 23/08/2019 12:32 WIB
Xpander Masih Dibidik Jadi MPV Reli Pertama di Dunia Mitsubishi Xpander AP4. (CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Meski dipastikan gagal tampil di ajang balap reli internasional, Xpander AP4 yang digagas Rifat Sungkar diyakini tetap bisa balapan di berbagai perlombaan di dalam negeri. Xpander AP4 dijadwalkan tampil di kejuaraan nasional reli di Indonesia mulai Oktober.

Xpander AP4 sebelumnya direncanakan bisa mengikuti reli internasional di Selandia baru pada 16 - 17 Agustus. Manager Xpander Rally Team Julian Johan menjelaskan niatan itu batal gara-gara pihak FIA butuh waktu lebih lama melakukan proses homologasi AP4 pada Xpander.

Xpander Masih Dibidik Jadi MPV Reli Pertama di DuniaMitsubishi Xpander AP4. (CNN Indonesia/Febri Ardani)

Pada umumnya waktu homologasi mobil reli disebut cuma butuh waktu satu atau dua pekan, namun pada Xpander AP4 dikatakan memakan waktu sebulan. Sertifikat homologasi Xpander AP4 dijelaskan bisa keluar pada akhir September.


Setelah itu, unit yang sudah dimodifikasi Ralliart Selandia Baru itu akan kembali ke Indonesia pada Oktober.

Kelebihan waktu homologasi itu berpengaruh pada jadwal Xpander AP4 mengikuti kejuaraan nasional (kejurnas) reli di Indonesia. Julian atau yang karib disapa Jeje menyebut Xpander AP4 tidak bisa mengikuti seri pembuka kejurnas pada pada 7-8 September di Serang, Banten dan seri kedua pada 28-29 September di Meikarta, Jawa Barat.

Xpander AP4 diperkirakan baru bisa tampil untuk pertama kalinya di ajang reli pada kejurnas putaran ketiga di Jambi pada 19-20 Oktober, putaran empat di Jambi pada 26-27 Oktober, dan terakhir di Jawa Barat pada 7-8 Desember.

"Mestinya itu Xpander AP4 sampai di Jakarta sudah bisa ikut seri satu, akhir Agustus. Jadinya ya menunggu itu (homologasi) kelar baru dikirim ke sini, begitu sampai sini ya sudah di Jambi," kata Jeje saat dihubungi CNNIndoneisa.com, Kamis (22/8).

Menjadikan MPV seperti Xpander sebagai mobil reli diyakini baru pertama kali dilakukan di dunia. Walau tidak bisa mendapatkan gelar 'MPV pertama di dunia yang balapan reli internasional' di Selandia Baru, Jeje bilang Xpander AP4 bakal mendapat status itu saat bertanding di Indonesia.

Jadwal balapan Xpander AP4 yang diumumkan pada Juli:
1. NZRC Goldrush Rally of Coromandel, 16-17 Agustus - Moewai Park Whitianga, Selandia Baru
2. Kejurnas Sprint Rally Putaran 1, 7-8 September - Serang, Banten
3. Kejurnas Sprint Aspal Putaran 2, 28-29 September - Meikarta, Jawa Barat
4. Kejurnas Sprint Rally Putaran 3, 19-20 Oktober - Jambi
5. Kejurnas Sprint Rally Putaran 4, 26-27 Oktober - Jambi
6. Kejurnas Sprint Rally Putaran 5, 7-8 Desember - Jawa Barat (fea)