Luhut Pastikan Hyundai Bangun Pabrik di Karawang

fea, CNN Indonesia | Sabtu, 24/08/2019 11:38 WIB
Pabrik Hyundai di Karawang bertetangga dengan pabrik merek lain seperti Toyota, Daihatsu, dan Yamaha. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. (CNN Indonesia/Harvey Darian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memastikan Hyundai bakal mendirikan pabrik di dalam negeri. Lokasi pabrik disebut berada di kawasan industri Karawang, Jawa Barat.

"Sudah beli tanah dia," ungkap Luhut di kantor CNNIndonesia.com di Jakarta, Jumat (23/8).

Pada Juli lalu, usai Presiden Joko Widodo mendapat kunjungan delegasi Hyundai Motors Group di Istana Merdeka, Jakarta, Menteri Perindustrian mengungkap pihak Hyundai sedang melakukan survei di kawasan industri di Jawa Barat, seperti di Bekasi, Karawang, Purwakarta, dan Subang. Saat itu Airlangga juga mengatakan nilai investasinya masih dalam pembahasan.


Selain mengungkap lokasi pabrik Luhut juga menyebut total investasi Hyundai di Indonesia 'mendekati US$1 miliar', bila dikonversi nilai itu mencapai Rp14,2 triliun. Investasi itu dikatakan termasuk fasilitas produksi mobil listrik di Karawang.

Di kawasan industri Karawang, Hyundai bakal bertetangga dengan produsen otomotif senior yang sudah lebih dulu ada, seperti Toyota, Daihatsu, dan Yamaha. Selain produsen kendaraan, kawasan ini juga menjadi sentral buat pabrik komponen.

Menurut Luhut setelah Hyundai, ada banyak investor otomotif lain yang antre masuk Indonesia. Kata dia, bila Indonesia sudah memiliki pabrik baterai lithium, mereka bakal berebutan mendekat ke sini.

Pabrik Hyundai di Indonesia pernah dikatakan mampu menghasilkan 250 ribu unit per tahun dan menyerap 3.500 tenaga kerja. Sebanyak 60 persen produksi pabrik ini akan ditujukan buat pasar domestik, sedangkan 40 persen untuk ekspor.

Pernah disebut juga Hyundai bakal memproduksi empat model di Indonesia, yaitu SUV, MPV, hatchback, dan sedan. (fea)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK