Siak Siap Menyambut Gerhana Matahari Cincin 2019

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Sabtu, 24/08/2019 07:50 WIB
Siak Siap Menyambut Gerhana Matahari Cincin 2019 Gerhana matahari. (REUTERS/Juan Jose Gonzalez Galaz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Fenomena gerhana matahari cincin akan menyambangi kabupaten Siak, Riau pada 26 Desember 2019. Munculnya gerhana matahari pun bertepatan dengan peringatan 15 tahun musibah tsunami Aceh.

Bupati Siak Alfredi mengatakan pihaknya telah mempersiapkan acara khusus untuk menyambut gerhana matahari cincin. Acara ini akan diselenggarakan di Kampung Bunsur, kecamatan Sungai Apit, kabupaten Siak, Riau.

"Tiga hari sebelum acara, nanti akan ada pemutaran film sains lalu hiburan dan doa bersama serta acara religius lainnya," ucapnya kepada CNNIndonesia.com saat ditemui di Gedung Trans Media, Jakarta, Jumat (23/8).


Lebih lanjut kata Alfredi, posisi terbaik untuk mengamati gerhana matahari ada di Kampung Busur. Festival GMC 2019 akan dimulai pukul 10.00 WIB sampai 14.00 WIB namun gerhana matahari baru akan muncul pukul 12.15 WIB sampai 12.19 WIB.

"Tentu ini kan kejadian langka mungkin ribuan tahun, lalu kita mulai launching [Festival Gerhana Matahari Cincin 2019] dari bulan Februari 2019," pungkasnya.

Gerhana matahari cincin merupakan gerhana yang terjadi ketika bayangan bulan hanya menutupi bagian tengah matahari. Sehingga menyisakan bentuk cincin api di sekeliling bayangan bulan, sementara pada gerhana matahari total, matahari tertutup total oleh bayangan bulan.

Lembaga Astronomi dan Penerbangan (LAPAN) menyebut masyarakat Indonesia bisa mengamati fenomena gerhana matahari setelah tengah hari. Waktu gerhana matahari ini bergantung pada zona waktu masing-masing daerah.

Sebelumnya, masyarakat yang berada di Samudera Pasifik bagian selatan, seperti Amerika Selatan, Chile, dan Argentina menjadi area yang bisa mengamati penampakan gerhana matahari total.

[Gambas:Video CNN]

Selain Amerika Selatan dan Chile, negara-negara tetangga seperti Bolivia, Peru, dan Ekuador juga bisa melihat fenomena gerhana matahari sebagian. (din/age)