Pemilu 2019 Sampai Biro Jomblo Jadi Tagar Terpopuler Twitter

Tim CNN Indonesia, CNN Indonesia | Sabtu, 24/08/2019 05:46 WIB
Pemilu 2019 Sampai Biro Jomblo Jadi Tagar Terpopuler Twitter Ilustrasi, (REUTERS/Kacper Pempel)
Jakarta, CNN Indonesia -- Twitter merilis 10 tagar terpopuler sepanjang bulan Januari hingga Juli 2019. Data menunjukkan bahwa tagar #Pemilu2019 menduduki peringkat pertama dan di posisi kedua #SetorFotoPolusi.

#Pemilu2019 muncul pada 17 April lalu, di mana masyarakat Indonesia memberikan hak pilih mereka untuk memilih presiden, wakil presiden, dan anggota legislatif. Tagar ini pun banyak digunakan untuk berbagi dan mencari informasi seputar Pemilu 2019.

Selain itu, awal tahun 2019, netizen digegerkan oleh unggahan Greenpeace, sebuah organisasi yang bergerak di bidang lingkungan hidup yang mengeluarkan sebuah penelitian yang menunjukkan tingkat polusi di Jakarta.
Di dalam unggahannya itu, Greenpeace bekerjasama dengan AirVisual IQ menyebut tingkat polusi di Jakarta empat kali lipat lebih tinggi dari standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Tagar #SetorFotoPolusi ini berisi kumpulan foto yang menggambarkan kualitas udara di berbagai kota di Indonesia.


Sedangkan di posisi ketiga ditempati oleh salah satu film produksi Marvel yakni Avengers: Endgame yang ditayangkan pada Mei 2019 lalu.

"Selain memecahkan rekor box office, Avengers: Endgame juga menjadi film yang paling banyak dibicarakan di Twitter, dengan lebih dari 50 cuitan sejak awal tahun 2019," tulis Juru Bicara Twitter melalui keterangan rilis '#HariTagar: 10 tagar yang ramaikan Twitter di 209' yang diterima CNNIndonesia.com, Jumat (23/8).

Pada posisi keempat, bertengger tagar #HiduplahImajinasiRaya yang digaungkan oleh pengusaha sekaligus animator Indonesia Wahyu Aditya. Tagar ini dimaksudkan untuk membagikan karya seni Wahyu kepada sepatu olahraga.

Wahyu mengunggah gambar sepatu yang ia telah bubuhkan dengan tampilan merek lokal seperti Tolak Angin, Salon Pas, dan Dua Kelinci.
Tagar #BiroJomblo berhasil menduduki posisi kelima. Tagar ini dibuat selebtwit (sebutan untuk akun terpopuler di Twitter) Alitt Susanto sebagai bentuk mempertemukan para pengikutnya yang berstatus single alias 'jomblo'.

Alitt disebut sering berbagi cuitan menggunakan tagar tersebut dan mengajak pengguna yang berstatus jomblo untuk berbagi cerita lucu dengan membalas cuitannya.

Tagar populer lainnya seperti #RecehkanTwitter, #DariHalteKeHalte, #JokePuasaLawas, #WanPerfekSyot, dan #HariPertamaSekolah juga masuk ke dalam 10 besar tagar terpopuler.

Untuk merayakan Hari Tagar, Twitter pun membagikan tips kepada pengguna untuk memanfaatkan fitur tagar secara efektif. Pertama, tagar tidak perlu panjang karena tagar yang menarik itu mudah diingat.

"Kedua, temukan sesuatu yang khas dan unik. Periksa lebih dulu, apakah tagar yang ingin digunakan sudah digunakan sebelumnya atau tidak. Tagar juga harus memiliki konteks yang jelas, tagar harus relevan dengan topik yang ingin disampaikan," kata Juru Bicara Twitter.

Terakhir, berikan alasan kepada pengguna mengapa mereka harus menggunakan tagar tersebut. Twitter juga menyarankan untuk membuat tagar yang dapat memancing kreativitas pengguna. (din/age)