Laporan dari Sumbawa

XL Sebut Peluang Perluasan Internet Luar Jawa Makin Tinggi

cnn indonesia, CNN Indonesia | Senin, 26/08/2019 14:07 WIB
XL Sebut Peluang Perluasan Internet Luar Jawa Makin Tinggi Ilustrasi. (Dok. XL Axiata)
Sumbawa, CNN Indonesia -- XL Axiata melihat peluang perluasan internet di luar Jawa masih tinggi. Pasalnya, pengguna jaringan internet di luar Jawa semakin meningkat. Berdasarkan data APJII, pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan hingga 500 persen dari 29 juta menjadi 171 juta. Namun, persebaran internet masih belum 

Sebesar 55,7 persen pengguna internet berada di Pulau Jawa. Sisanya 22,6 persen berada di Sumatera. Sementara, 5,2 persen pengguna berada di kawasan wisata Bali, NTT dan NTB.

Melihat potensi tersebut, XL Axiata memperluas jaringan internet 4G di Sumbawa sejalan dengan meningkatkan angka pariwisata di kawasan tersebut.
Group Head Technology Strategy & Architecture XL Axiata I Gede Darmayusa mengungkapkan pertumbuhan pengguna XL di Sumbawa cukup tinggi. Dari 180 ribu pelanggan di Sumbawa, 74 persen di antaranya telah mengakses layanan 4G.


"Dari sisi ARPU, di Sumbawa sudah cukup. Beberapa kali kami mengembangkan jaringan di Sumbawa karena sering congestion. Bahkan di beberapa site sudah menggunakan teknologi 4T4R seperti di Jakarta," ujarnya di Sumbawa, Senin (26/8).

Gede menjelaskan akan menambah BTS di Sumbawa hingga 726 site hingga akhir 2019. Saat ini terdapat 712 BTS di kawasan Sumbawa. Angka ini meningkat dari 507 site pada Agustus 2016.

Gede pun menambahkan perseroan sedang menggelar kabel fiber di Sumbawa sepanjang 1.200 KM. Pembangunan yang dilakukan sejak tahun lalu tersebut ditargetkan rampung tahun ini.
"Jika tidak ada halangan, awal Oktober semua kota di Sumbawa tersambung dengan fiber. Jika ada fiber, maka bisa lebih cepat 5 kali dari tahun sebelumnya," tambahnya.

Selain itu, Gede mengungkap telah mengoperasikan sebanyak 8 BTS USO di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB), yakni 2 BTS di Lombok dan 6 BTS di Sumbawa. BTS USO di Sumbawa terdapat di tiga kabupaten itu Kabupaten Bima, Kabupaten Sumbawa, dan Kabupaten Sumbawa Barat.

Hingga saat ini, tercatat kawasan Sumbawa mengalami kenaikan pariwisata hingga 40 persen dari 2017 ke 2018.

Dari sisi pengguna data, jumlah pelanggan wilayah Sumbawa mengalami kenaikan 25 persen dari Agustus 2018 hingga Juli 2019. Sementara peningkatan trafik data melonjak sebesar 95 persen pada periode Agustus 2018 hingga Juli 2019. (age/age)