Kominfo Sebut Cara Percepat Internet Ibu Kota Baru

CNN Indonesia | Senin, 26/08/2019 17:10 WIB
Kementerian Kominfo menyebutkan sejumlah cara untuk mempercepat internet di ibu kota baru yang baru diumumkan Presiden Jokowi di Kalimantan Timur. Ilustrasi (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyebut Kalimantan harus direncanakan untuk menjadi 'pintu gerbang' untuk koneksi internet Indonesia ke dunia internasional. Hal ini diungkap Rudiantara terkait cara untuk meningkatkan keandalan internet di ibu kota negara baru, Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara.

"Mungkin 5-10 tahun lagi ada pintu gerbang ke internasional dari Kalimantan. Mungkin dirancang seberapa besar trafik karena nanti kalau ibu kota pindah, ada jutaan orang penghuni baru," kata Rudiantara saat ditemui di kantor Kemenkominfo, Jakarta Pusat, Senin (26/8).

"Kalau trafik internasional tinggi kenapa tidak terpikirkan suatu saat (koneksi internet) dari Kalimantan langsung ke internasional," lanjutnya.



Ketika ini terealisasi, Rudiantara mengatakan akses internet akan semakin cepat dan semakin handal. Sebab, selama ini menurutnya koneksi internet di Kalimantan ke dunia internasional mesti melewati Jakarta terlebih dulu.

Koneksi yang tidak langsung ini membuat koneksi internet Kalimantan ke layanan situs internasional jadi lebih lambat.

"Jadi (nantinya) tidak lagi trafik itu tidak lagi dari Kalimantan dibawa ke Jakarta, dari Jakarta ke Singapura. Atau bawa ke Sulawesi nanti dari Manado ke Pasifik," katanya.

Di sisi lain, Rudiantara mengatakan sesungguhnya Kalimantan telah terhubung dengan Palapa Ring Tengah. Ibu kota kabupaten pun sudah terkoneksi dengan Palapa Ring dan jaringan yang dibangun oleh operator. Namun, keandalan internet ini perlu ditingkatkan. (jnp/eks)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK