Steve Wozniak Kritik Apple, Seharusnya Pecah Merek Sejak Dulu

CNN Indonesia | Jumat, 30/08/2019 22:35 WIB
Pendiri Apple, Steve Wozniak dalam sebuah wawancara mengkritik perusahaan yang didirikannya bersama mendiang Steve Jobs. Pendiri Apple, Steve Wozniak. (Foto: REUTERS/Stephen Lam)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pendiri AppleSteve Wozniak dalam sebuah wawancara media mengkritik perusahaan yang didirikannya bersama mendiang Steve Jobs.

Woz secara keras mengatakan jika Apple seharusnya sudah memecah merek sejak dulu. Ia mengatakan mendukung raksasa teknologi seperti Apple, Facebook, dan Google untuk memecahkan diri.

Menurutnya, langkah raksasa teknologi tersebut merupakan upaya menggunakan kekuatan dalam satu pasar untuk ekspansi ke pasar lain.


"Saya berharap Apple telah berpisah [merek] sejak lama dan memisahkan sejumlah divisi agar mereka bisa bekerja secara independen," ucap Wozniak disela wawancara dengan Bloomberg.

Pria bertubuh tambun ini menilai perusahaan besar saat ini perlu melakukan pembenahan lingkungan kerja agar para tenaga TI bisa bebas bekerja sendiri.

"Seperti yang pernah dilakukan HP [Hewlett Packar] saat saya bekerja di sana dulu. Para karyawannya diberi keleluasaan untuk berkarya," ucap Woz.

Mengutip The Verge, Woz pernah bekerja untuk HP sebelum ia bekerja sama dengan Jobs untuk mendirikan Apple. Kala itu Woz mencetuskan ide untuk membuat komputer (PC) tapi berkali-kali ditolak.

Kendati demikian, Woz mengaku sangat mengapresiasi HP yang membiarkannya bekerja untuk membangun desain sendiri.

Selain itu, Woz juga mengaku tertarik dengan kemunculan ide-ide yang dicetuskan perusahaan rintisan.

"Perusahaan-perusahaan muda dengan sebuah ide, mencoba membuat sesuatu darinya, Anda tahu lebih dari perusahaan-perusahaan teknologi besar yang besar," ucapnya.

[Gambas:Video CNN] (ndn/evn)