Tak Cuma Internet, SMS dan Telepon Terganggu di Jayapura

CNN Indonesia | Kamis, 29/08/2019 16:33 WIB
Tak Cuma Internet, SMS dan Telepon Terganggu di Jayapura Ilustrasi (dok.istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Telkomsel menyebut layanan telepon dan SMS Telkomsel di Papua untuk sementara mengalami gangguan hari ini, Kamis (29/8). Sebelumnya, pemerintah telah memblokir layanan internet di kawasan ini. Padahal sebelumnya, pemerintah hanya melakukan pembatasan internet saja, sehingga masyarakat masih bisa melakukan panggilan telepon dan SMS.

"Saat ini, tanggal 29 Agustus 2019, layanan telepon dan SMS Telkomsel di Papua untuk sementara mengalami gangguan, dan sedang kami mendalami lebih lanjut penyebabnya guna mengusakan percepatan solusi perbaikan," jelas VP Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (29/8).

"Kami terus berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait, untuk mengembalikan layanan telepon dan sms Telkomsel bisa kembali normal," jelasnya.


Gangguan layanan telekomunikasi ini juga dibenarkan oleh seorang wartawan di Abepura, dekat Jayapura.

"Dari Jayapura utuk telepon keluar tidak bisa tapi untuk terima telepon bisa dari jam 17:00 WIT," Albert Matatula, wartawan di Papua, saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (29/8).

Sebelumnya, Regional Coordinator SAFEnet juga mencuitkan kalau jaringan seluler di Papua menghilang sejak pukul 15:35 WIT.

"SMS/telpon samsek (sama sekali) gak bisa," tulisnya.




CNNIndonesia.com juga sudah menghubungi Indosat dan XL terkait lumpuhnya layanan telekomunikasi ini namun belum memberi keterangan.

Dalam siaran persnya, Telkomsel menyebut pemblokiran akses layanan data di Papua yang mereka lakukan maka mengacu keputusan Kementerian Kominfo pada 23 Agustus 2019.

Pemblokiran sementara layanan Data Telekomunikasi di propinsi Papua dan Papua Barat disebutkan masih berlanjut hingga suasana Tanah Papua kembali kondusif dan normal.

Terkait pemblokiran akses ini Telkomsel sebagai operator penyedia layanan telekomunikasi menyebut senantiasa tunduk dan patuh untuk menjalankan setiap keputusan yang telah ditetapkan pemerintah. (eks/eks)