Telkom Ungkap Lokasi Gangguan Telepon dan SMS di Jayapura

Tim CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 29/08/2019 19:42 WIB
Telkom Ungkap Lokasi Gangguan Telepon dan SMS di Jayapura Rusuh di Jayapura. (ANTARA FOTO/Dian Kandipi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Telkom mengungkap bahwa layanan TelkomGroup mencakup layanan Telkomsel dan IndiHome masih dapat beroperasi di beberapa lokasi di Jayapura. Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo mengungkap layanan Telkomsel di sebagian wilayah Base G dan Abepura tidak beroperasi.

"Begitu pun halnya dengan layanan IndiHome di sebagian wilayah Abepura yang juga mengalami gangguan," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (29/8).

Sementara itu, untuk kondisi telepon fixedline pelanggan masih belum diidentifikasi satu per satu.


"Kondisi fixedline pelanggan sangat tergantung dari jaringan-jaringan kabel yang menuju ke pelanggan. Hal ini belum bisa kita identifikasi satu per satu," tambahnya.
Namun, dia menegaskan akan memastikan layanan tetap beroperasi.

"Kami juga memastikan seluruh layanan TelkomGroup seperti seluler dan fixedline agar tetap beroperasi, khususnya di lokasi-lokasi strategis. Telkom juga telah mengaktifkan crisis center tingkat nasional di Jakarta dan regional di Makassar yang memantau kondisi infrastruktur dan layanan selama 24 jam," ujar Arif.

Sebelumnya, Telkomsel menyebut layanan telepon dan SMS Telkomsel di Papua untuk sementara mengalami gangguan hari ini, Kamis (29/8). Pemerintah telah memblokir layanan internet di kawasan ini. Padahal sebelumnya, pemerintah hanya melakukan pembatasan internet saja, sehingga masyarakat masih bisa melakukan panggilan telepon dan SMS.

"Saat ini, tanggal 29 Agustus 2019, layanan telepon dan SMS Telkomsel di Papua untuk sementara mengalami gangguan, dan sedang kami mendalami lebih lanjut penyebabnya guna mengusahakan percepatan solusi perbaikan," jelas VP Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (29/8).
"Kami terus berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait, untuk mengembalikan layanan telepon dan sms Telkomsel bisa kembali normal," jelasnya.

Gangguan layanan telekomunikasi ini juga dibenarkan oleh seorang wartawan di Abepura, dekat Jayapura.

"Dari Jayapura untuk telepon keluar tidak bisa tapi untuk terima telepon bisa dari jam 17:00 WIT," Albert Matatula, wartawan di Papua, saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (29/8).

Sebelumnya, Regional Coordinator SAFEnet juga mencuitkan kalau jaringan seluler di Papua menghilang sejak pukul 15:35 WIT.

"SMS/telpon samsek (sama sekali) gak bisa," tulisnya. (age/age)