Telkom Buka Suara Soal Kabel Optik Putus di Jayapura

cnn indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 30/08/2019 14:15 WIB
Telkom Buka Suara Soal Kabel Optik Putus di Jayapura Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. membenarkan kabar terkait kabel fiber yang terputus di Papua. Kabel yang putus tersebut bukan milik Telkomsel, melainkan induk perusahaan yakni Telkom.

Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo mengatakan saat ini kabel yang putus tersebut mulai dilakukan pemulihan.

"Memang ada kabel fiber yang terputus. Saat ini sudah mulai recover," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Jumat (30/8).


Arif mengungkap saat ini sejumlah layanan TelkomGroup di lokasi terdampak sudah dapat beroperasi. Layanan Telkomsel sudah beroperasi sekitar 70% di wilayah Jayapura.
"Bahkan layanan voice dan SMS di Sentani dan Abepura sudah beroperasi normal. Demikian halnya dengan layanan Telkom yang sudah beroperasi 80% di wilayah Jayapura," tambahnya.

Dia menjelaskan beberapa lokasi dimana infrastruktur dan layanan TelkomGroup mengalami dampak dari peristiwa, saat ini masih dilakukan recovery. Sementara kantor pelayanan pelanggan TelkomGroup di Jayapura saat ini tidak beroperasi hingga memastikan kondisi telah kondusif.

"Kami akan terus memantau dan mengidentifikasi dampak yang ditimbulkan dari peristiwa Jayapura terhadap aset dan layanan TelkomGroup. Untuk gedung pelayanan pelanggan dan kantor yang terkena dampak kerusuhan, perbaikan akan dilakukan setelah kondisi setempat kondusif," ujar Arif.
Sejalan dengan itu, VP Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin membenarkan layanan telepon dan SMS Telkomsel di sejumlah titik di Papua sudah berangsur pulih.

"Telkomsel terus berupaya melakukan percepatan pemulihan layanan telepon dan SMS secara optimal," ujarnya.

(ndn/age)