Huawei Konfirmasi Rilis Mate 30 Pertengahan September

evn, CNN Indonesia | Senin, 02/09/2019 12:27 WIB
Huawei Konfirmasi Rilis Mate 30 Pertengahan September Ilustrasi. (Foto: REUTERS/Aly Song)
Jakarta, CNN Indonesia -- Huawei mengonfirmasi kabar kemunculan ponsel Mate 30 lewat sebuah undangan acara media. Terlihat dalam undangan tersebut Mate 30 akan dirilis di Munich, Spanyol pada 19 September mendatang.

Akun Twitter resmi Huawei Mobile pamer undangan acara peluncuran Mate 30 yang bertajuk 'Rethink Possibilities'. Dalam cuitannya, Huawei mengunggah potongan video pendek kemunculan ponsel seri Mate 30.




Kemunculan Mate 30 akan menjadi ponsel pertama Huawei yang dirilis di tengah perang dagang antara Amerika Serikat dan China. Google sebelumnya mengatakan tidak memberikan izin untuk menyediakan peranti lunak bagi Huawei.

Sebelumnya kemunculan generasi penerus seri Mate ini sempat ramai berhembus.

Juru bicara Huawei, Joe Kelly menuturkan Mate 30 akan menjadi ponsel pertama Huawei yang didukung jaringan 5G. Kelly juga mengatakan jika pihaknya tetap menggunakan sistem operasi dan ekosistem Android jika pemerintah AS memberikan izin.

"Huawei akan melanjutkan menggunakan OS Android dan ekosistem jika pemerintah AS mengizinkan. Kalau tidak, kamia kan terus mengembangkan sistem operasi dan ekosistem sendiri," ucap Kelly seperti dilansir Reuters.

Di sisi lain, juru bicara Google mengatakan Mate 30 tidak akan dipasarkan dengan lisensi aplikasi dan layanan Google. Langkah tersebut ditempuh terkait larangan bisnis produk teknologi AS kepada Huawei.

Besar kemungkinan Huawei akan menggunakan sistem operasi Android versi open-source untuk Mate 30 sehingga tidak harus terganjal aksi blokir AS. Aplikasi buatan Google yang kemungkinan akan disematkan pada Mate 30 hanya bisa digunakan di Eropa dengan lisensi berbayar, tapi tidak bisa digunakan di luar Eropa.

[Gambas:Video CNN] (evn/evn)