5 Fitur Penting Pada Pembaruan iOS 13.1

CNN Indonesia | Selasa, 03/09/2019 06:40 WIB
Apple dikabarkan tengah menyiapkan pembaruan sistem operasi iOS 13.1 untuk pengguna iPhone dan iPad. Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple dikabarkan tengah menyiapkan pembaruan sistem operasi iOS 13.1 untuk pengguna iPhone dan iPad. Perusahaan yang berbasis di Cupertino, AS ini dikabarkan akan memboyong lima fitur utama.

Aspek keamanan menjadi salah satu yang menjadi perhatian utama Apple pada pembaruan iOS 13.1. Kabar bocornya percakapan yang didengarkan oleh Siri memicu rasa kekhawatiran pengguna hingga mendorong Apple meningkatkan aspek keamanan.

Mengutip Forbes, berikut fitur yang diboyong Apple pada pembaruan iOS 13.1.


Peringatan aplikasi yang melacak lokasi

Nantinya pada iOS 13, peringatan akan muncul secara otomatis apabila terdapat aplikasi yang melacak pengguna dan sudah berapa kali terjadi.

Izin mengaktifkan VoIP di latar

Dalam beberapa kasus, aplikasi seringkali menjalankan VoIP walau aplikasi tidak sedang digunakan. Kondisi tersebut memungkinkan pencurian data yang ada di ponsel. 

Masuk menggunakan ID Apple

Kali ini Apple berusaha mengamankan penggunanya dari aplikasi yang kerap meminta sign-in sebelum menggunakan aplikasi tersebut. Pada iOS 13, Apple menghadirkan opsi yang bekerja dengan cara menggunakan email pribadi yang terdaftar sebagai ID Apple untuk menjamin keamanannya.


Melacak WiFi dan Bluetooth


Mirip dengan pelacakan GPS, iOS 13 akan menanyakan izin pengguna terlebih dahulu sebelum menyambungkan perangkatnya.

Belum dapat dipastikan kapan kelima fitur baru ini akan dirilis untuk pengguna.

Mengutip Macrumors, Apple diketahui baru merilis iOS 13.1 versi beta untuk kalangan pengembang aplikasi pada Agustus lalu. Uji coba disebut sebagai pembaruan besar pertama yang dihadiran Apple untuk sistem operasi mobile besutannya. (ndn/evn)