Kolaborasi Gojek-UI Works Mencetak Startup Karya Anak Bangsa

Gojek, CNN Indonesia | Senin, 02/09/2019 19:49 WIB
Kolaborasi Gojek-UI Works Mencetak Startup Karya Anak Bangsa Gojek berkolaborasi dengan Universitas Indonesia (UI) untuk mendorong pertumbuhan perusahaan rintisan lokal guna berkompetisi secara global. (Foto: Gojek)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gojek berkolaborasi dengan Universitas Indonesia (UI) untuk mendorong pertumbuhan perusahaan rintisan lokal guna berkompetisi secara global.

CEO Gojek Global Nadiem Makarim mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk mendorong startup lokal yang mampu menciptakan inovasi dan bersaing di ranah global.

"Saya selalu kagum dengan banyaknya ide yang lahir di Indonesia dan potensi anak bangsa dalam mencapai banyak hal," ujar Nadiem dalam keterangannya, Senin (2/9).


Dia menuturkan memecahkan permasalahan dunia nyata harus menjadi misi utama bagi industri teknologi dibandingkan keuntungan semata. Hal ini juga bakal menggerakkan Indonesia berevolusi menjadi negara digital super power.

"Harapan Gojek, mereka dapat terus berkembang dan menyelesaikan berbagai permasalahan masyarakat," katanya.


Untuk mencapai tujuan tersebut, Gojek menjadi partner eksklusif program akselerator UI Works dengan memberikan pembekalan materi serta ilmu pengetahuan langsung dari Founder and CEO Gojek Global Nadiem Makarim.

Mempercepat Pertumbuhan

Chief Corporate Affairs Gojek Nila Marita menjelaskan tantangan bagi para pemain startup tidak hanya terkait pendanaan, tetapi juga menciptakan skalabilitas hingga bisa tumbuh.

"Melalui kerja sama dengan UI Works ini, kami ingin mengakselerasi pertumbuhan perusahaan startup lokal supaya bisa menjadi startup yang unggul dan bisa menjadi pemain global," ujar Nila.


Gojek mencontohkan bagaimana teknologi menjawab keluhan pelanggan soal uang kembalian serta layanan makanan yang akhirnya memunculkan GoPay dan GoFood. Perusahaan itu akhirnya mengembangkan GoPay sebagai sistem pembayaran digital dan GoFood sebagai layanan pesan antar makanan-minuman.

Direktur Pengelolaan dan Pengembangan Unit-Unit Usaha (DPPU) UI Nia Ayu Ismaniati mengatakan senang dapat kembali berkolaborasi dengan Gojek pada program UI Works tersebut.

"Selain berbagi pengalaman dan inspirasi, kami berharap pihak Gojek dapat memberikan masukan bagi para peserta dalam menyusun rencana pengembangan usaha yang lebih matang. Exposure melalui jaringan yang dimiliki Gojek juga akan sangat membantu para peserta untuk dapat dikenal oleh lebih banyak orang," katanya.

UI Works ini merupakan kali pertama yang diadakan Gojek bersama dengan Universitas Indonesia, tetapi keduanya telah bekerja sama sebelumnya.  (asa)