Besok Kominfo Cabut Blokir Internet di Papua Secara Bertahap

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 03/09/2019 18:32 WIB
Besok Kominfo Cabut Blokir Internet di Papua Secara Bertahap Menkominfo Rudiantara. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyatakan pihaknya akan mencabut pemblokiran internet di sejumlah wilayah Papua dan Papua Barat secara bertahap mulai besok, Rabu (4/9).

Rudiantara mengatakan akan melakukan rapat koordinasi malam ini sebelum membuka akses internet secara bertahap.

"Nah ini sedang kita koordinasikan kabupaten dan kota mana saja. Malam ini mudah-mudahan sudah ada ini (datanya). Sehingga secara bertahap besok sudah bisa dilakukan, diaktifkan kembali layanan datanya di beberapa kabupaten, kota," kata Rudiantara di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (3/9).


Rudiantara menyatakan pihaknya tak langsung membuka akses internet kembali di seluruh wilayah Papua dan Papua Barat. Ia menyebut baru akan memulai dengan membuka layanan data di beberapa kabupaten atau kota yang dinilai sudah kondusif.

Rudi menjelaskan pembatasan internet yang dilakukan pihaknya sejak Rabu (21/8) itu berdasarkan wilayah provinsi. Saat ini, kata Rudiantara, langkah uang pihaknya akan ambil adalah menurunkan pembatasan berdasarkan wilayah kabupaten atau kota.

"Yang disiapkan skenarionya adalah, pembatasan masih ada tetapi levelnya diturunkan ke tingkat kabupaten atau kota. Sehingga katakanlah di Papua tidak semua kabupaten, kota diberikan pembatasan. Yang harus dibatasi-dibatasi, yang tidak ya tidak," ujarnya.

Menurutnya pembukaan kembali layanan data ini juga perlu berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Ia berharap lebih banyak wilayah kabupaten atau kota yang dipulihkan kembali daripada dibatasi. Total ada 29 kabupaten atau kota di Papua dan 13 kabupaten atau kota di Papua Barat.

"Kami kan harus antisipasi semuanya, muda-mudahan positif semua. Kan namanya juga mencegah menangani, dan memulihkan," katanya.

Kominfo sejak Rabu (21/8) memblokir akses internet di Papua dan Papua Barat. Buntut dari pemblokiran ini sejumlah organisasi masyarakat sempat mendatangi kantor Kominfo untuk menyampaikan somasi dan meminta akses internet kembali dibuka.

Jaringan komunikasi seperti SMS dan telepon di Jayapura, Papua pun sempat terganggu. Telkomsel menyebut layanan telepon dan SMS Telkomsel di Papua untuk sementara mengalami gangguan pada, Kamis (29/8).

Telkomsel memastikan layanan pesan singkat (SMS) dan telepon mulai Jumat (30/8) berangsur-angsur kembali normal di Papua dan Papua Barat. 

[Gambas:Video CNN] (fra/evn)