Isu Kacamata AR Apple 'Muncul' di Balik Kode iOS 13

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 04/09/2019 05:00 WIB
Isu Kacamata AR Apple 'Muncul' di Balik Kode iOS 13 Ilustrasi. (Foto: REUTERS/Stephen Lam)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple telah lama dirumorkan akan menelurkan kacamata Augmented Reality (AR) atau realitas tertambah. Dalam pembaruan iOS 13 terbaru, sepertinya rumor tersebut akan menjadi kenyataan.

Dalam dokumentasi yang dilihat MacRumours, di dalam kode internal iOS 13 build diketahui menyimpan petunjukkan yang menunjukkan bisa mendukung headset AR.

Dalam iOS 13 build terdapat aplikasi 'STARTester' yang bisa membuat pengguna beraih ke head-mounted mode.  Aplikasi meniru fungsi headset AR dalam iPhone untuk tujuan pengujian.


Terdapat pula file Readme di iOS 13 yang mendeskripsikan sistem 'StarBoard' yang menyiratkan headset AR. Sistem atau aplikasi ini akan mendukung AR stereo.

MacRumors juga menggali lebih dalam ke kode internal iOS 13 dan menemukan banyak string yang berhubungan dengan 'Starboard mode. Banyak referensi string augmented reality, termasuk 'ARStarBoardViewController' dan 'ARStarBoardSceneManager'.

Banyak sumber mengklaim bahwa Apple berencana untuk merilis kacamata AR paling awal pada 2020.

Pada November 2017 analis Ming-Chi Kuo dari Cnet dan Mark Gurman dari Bloomberg melaporkan bahwa headset Apple akan menjalankan sistem operasi berbasis iOS yang dijuluki ROS yang berarti 'reality operating system'.

CEO Apple Tim Cook beberapa kali telah membicarakan prospek AR. Dia memandang AR sebagai teknologi "memperkuat kinerja manusia, tidak membatasi manusia.

Dilansir dari Engadget, rumor dari 2018  menyebut headset AR besutan Apple bisa menjadi perangkat AR atau VR yang kuat dengan tampilan 8K.

Apabila isu tersebut benar, Apple hanya memiliki sedikit waktu untuk memasukkan AR ke dalam iOS 13 sebelum disebarkan untuk pengguna iPhone di seluruh dunia.

[Gambas:Video CNN] (jnp/evn)