Telkomsel Sebut Belum Ada Arahan Buka Internet Papua

cnnindonesia, CNN Indonesia | Rabu, 04/09/2019 11:52 WIB
Telkomsel Sebut Belum Ada Arahan Buka Internet Papua Ilustrasi (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Telkomsel menyebut hingga saat ini belum ada arahan dari pemerintah untuk membuka blokir internet di Papua dan Papua Barat.

"Belum ada arahan dari Kominfo," terang Denny Abidin, VP Corporate Communications Telkomsel saat dihubungi via telepon, Rabu (4/9)."Kami di operator memang standby saja dan comply once (begitu) nanti Kominfo bilang nyalain, kita siap. Tapi sejauh ini belum ada arahan untuk menyalakan lagi," jelasnya.

Padahal sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut akan membuka blokir internet di Papua dan Papua Barat secara bertahap mulai hari ini.


Pembukaan akses internet itu disebutkan Rudiantara akan dilakukan pada kota atau kabupaten yang dinilai sudah kondusif. Penentuan kota kabupaten tersebut akan ditetapkan setelah melakukan rapat koordinasi kemarin malam.

"Secara bertahap besok sudah bisa dilakukan, diaktifkan kembali layanan datanya di beberapa kabupaten, kota," kata Rudiantara di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (3/9).

Lebih lanjut, pria yang kerap di sapa Abe tersebut menuturkan hingga saat ini Telkomsel masih memblokir seluruh layanan data di Papua dan Papua Barat.

"Saat ini pemblokiran dilakukan di seluruh wilayah Papua dan Papua Barat. Sekarang yang dibuka baru sebatas voice (telepon) dan SMS," lanjutnya. (eks)