Tokopedia Tanggapi Riset Soal Terbanyak Dikunjungi di Q2 2019

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 05/09/2019 07:40 WIB
Tokopedia Tanggapi Riset Soal Terbanyak Dikunjungi di Q2 2019 Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Riset iPrice menunjukkan Tokopedia pada kuartal kedua 2019 menjadi e-commerce yang paling dikunjungi. Tokopedia tercatat pada kuartal kedua 2019 memiliki 140,1 juta pengunjung web bulanan.

Menanggapi pencapaian tersebut, chief operating officer Tokopedia, Melissa Siska Juminto mengatakan pihaknya memang fokus menggarap pasar Indonesia. Untuk itu Tokopedia berupaya mendorong penetrasi ekonomi digital ke seluruh penjuru Indonesia.

"Tokopedia itu fokusnya tentang bagaimana menyelesaikan masalah Indonesia yang punya banyak masalah saat ini karena penetrasi yang masih sangat rendah," kata Melissa di gedung Tokopedia Care, Puri Kembangan di Jakarta Barat, Rabu (4/9).


Padahal dibandingkan e-commerce lain yang telah beroperasi di berbagai negara Asia Tenggara, hingga kini Tokopedia masih beroperasi di Indonesia saja. Melissa mengatakan Tokopedia memiliki banyak inisiatif untuk membangun fondasi kuat di Tanah Air.

Di antaranya adalah membangun Tokopedia Center di beberapa desa di Jawa Barat. Pembangunan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat desa tentang ekonomi digital. Edukasi juga termasuk cara menjual produk di Tokopedia.

"Tujuannya itu ya edukasi membantu berjualan. Banyak inisiatif kita kepada Mitra Tokopedia dan membantu warung-warung dan toko toko kecil. Agar mendapatkan support dari teknologi untuk mendapatkan supply yang yang lebih murah yang lebih cepat dan juga mengembangkan omzet mereka," ujarnya.

Melissa mengatakan upaya Tokopedia membangun di desa-desa untuk mendorong pemerataan ekonomi digital. Hal itulah yang membuat pihaknya belum melirik ekspansi ke negara Asia Tenggara di luar Indonesia.

"Buat kita Boyolali lebih penting dari Thailand. Bandung misalnya lebih penting dari Singapura itu. Jadi kita beda mungkin dengan teman-teman (e-commerce) lainnya, fokus kita mau pemerataan ekonomi digital di Indonesia dulu," katanya.

Berdasarkan data iPrice, posisi e-commerce yang paling banyak dikunjungi di Indonesia setelah Tokopedia disusul Shopee di peringkat kedua dengan jumlah pengunjung bulanan sebesar 90,7 juta. Pada peringkat tiga ada Bukalapak dengan angka 89,7 juta pengunjung bulanan.

[Gambas:Video CNN] (jnp/evn)