Operator Buka Blokir Internet di Sebagian Papua

cnnindonesia, CNN Indonesia | Kamis, 05/09/2019 12:15 WIB
Operator Buka Blokir Internet di Sebagian Papua Ilustrasi (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Operator telekomunikasi yang memiliki jaringan di Papua dan Papua Barat menyebut telah membuka akses internet sesuai dengan arahan pemerintah. Hal ini seperti diungkap Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata.

"Sudah, sesuai arahan Kominfo, termasuk wilayah-wilayahnya," jelas Denny Abidin, Vice President Corporate Communications Telkomsel, saat dihubungi via pesan teks, Kamis (9/5).

Pembukaan internet tersebut menurutnya sudah dilakukan sejak Rabu (4/9) mulai pukul 23.00 WIT.


"Telkomsel akan menunggu arahan dan instruksi selanjutnya dari Kementrian Kominfo untuk pembukaan blokir layanan data/internet Telkomsel di wilayah lainnya di Provinsi Papua dan Papua Barat," demikian tertulis dalam siaran persnya.

Hal serupa juga diungkap Indosat yang menyebut telah membuka layanan internet mereka di sebagian wilayah Papua dan Papua Barat.

"Sesuai dengan arahan dari Pemerintah, Indosat Ooredoo telah melakukan normalisasi sebagian layanan data sehubungan dengan telah kondusifnya situasi di beberapa daerah di Papua dan Papua Barat," tulis Turina Farouq, Head of Corporate Communication Indosat, lewat pesan teks.

XL Axiata juga menyebut sudah membuka blokir internet di Papua.

"Kami sudah buka pemblokiran di Papua sejak semalam karena sudah ada arahan dari pemerintah," jelas Dian Siswarini, dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (9/5).

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyebut pembukaan akses dilakukan setelah mempertimbangkan sudah mulai pulihnya kondisi beberapa kabupaten di Papua dan Papua Barat.

Pembukaan akses internet ini dilakukan secara bertahap mulai Rabu (4/9) pukul 23.00 WIT atau pukul 21.00 WIB. Terdapat 19 kabupaten Provinsi Papua dan 10 kabupaten Provinsi Papua Barat yang dibuka akses internetnya (eks)