Program Donasi Digital GoPay Raih Penghargaan Baznas Award

Gojek, CNN Indonesia | Kamis, 05/09/2019 18:00 WIB
Program Donasi Digital GoPay Raih Penghargaan Baznas Award GoPay menerima penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dalam Baznas Special Award Kategori Mitra FinTech pada akhir Agustus lalu. (Foto: Gojek)
Jakarta, CNN Indonesia -- GoPay menerima penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dalam Baznas Special Award Kategori Mitra FinTech pada akhir Agustus lalu.

Direktur Utama Baznas Arifin Purwakananta mengatakan penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi atas komitmen GoPay dalam mendorong donasi digital melalui program GoPay for Good.

"Kami memberikan GoPay penghargaan spesial sebagai mitra FinTech karena konsistensinya berkolaborasi dalam mendukung penerimaan zakat nasional, sekaligus mendorong masyarakat Indonesia menjadi lebih dermawan," ujar Arifin melalui keterangannya, Senin (26/8).


GoPay terpilih karena telah membantu mempermudah masyarakat Indonesia dalam pengumpulan zakat, infak, dan sedekah Dengan adanya inovasi-inovasi dalam bertransaksi, saat ini aktivitas berderma dibuat mudah dengan munculnya donasi digital melalui QR code.


Selain itu, dengan mendorong masyarakat untuk berdonasi digital, GoPay juga menawarkan pengelolaan dana yayasan menjadi lebih mudah, aman, dan transparan.

"Kami berterima kasih atas kepercayaan masyarakat yang sudah menyalurkan donasi melalui GoPay dan Baznas. Misi utama kami menggandeng Baznas untuk menawarkan kemudahan bagi pengguna GoPay untuk bisa berdonasi kapan pun dan di mana pun untuk membantu sesama," ujar Public Affairs Lead GoPay Armyn Gita.

Sejak menerima donasi via QR code, jumlah sedekah yang diberikan ketika salat Jumat di seluruh masjid yang bermitra dengan GoPay meningkat dua kali lipat. Program donasi melalui GoPay for Good itu telah bekerja sama dengan lebih dari 400 yayasan dan lembaga nonpemerintah di 14 kota seluruh Indonesia.


Diketahui, pada Ramadan 2019 lalu terjadi peningkatan donasi digital sebesar 60 persen dibandingkan bulan-bulan non-Ramadan. Begitu juga pada momen Iduladha terjadi peningkatan transaksi sebesar 80 persen dibanding non-Ramadan.

Data GoPay mencatat sejak Maret 2018 pihaknya telah membantu menyalurkan donasi digital sebesar Rp32 miliar. Seluruh donasi yang dihimpun 100 persen langsung diterima oleh rumah ibadah dan yayasan. (asa)