Pemerintah hingga Artis Dukung e-Sports PUBG Mobile Nasional

Advertorial, CNN Indonesia | Kamis, 05/09/2019 00:00 WIB
Pemerintah hingga Artis Dukung e-Sports PUBG Mobile Nasional (Foto: Youtube PUBG Mobile Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bidang industri kreatif kini kian berkembang di Indonesia, terutama di bidang e-sports. e-sports atau electronic sports ini merupakan ajang kompetisi game yang tidak boleh dianggap remeh karena kompetisi ketat diadakan hingga tingkat internasional.

Banyak netizen masih memandang sebelah mata permainan game dan kompetisi e-sports, meski atlet-atlet tersebut telah membuktikan mereka dapat membawa nama baik untuk negeri. Contohnya adalah tim PUBG Mobile (PUBGM) asal Indonesia, Bigetron, yang telah membuat nama Indonesia harum di PUBG Mobile World Championship di Berlin dengan mencapai peringkat 5 di seluruh dunia.
Pemerintah hingga Selebriti Dukung e-Sports PUBG Mobile Tanah(Foto: Dok. PUBGM)
Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia Triawan Munaf sangat mendukung upaya dan kegiatan generasi pemuda calon atlet e-sports.

"Kami semua mendukung pergerakan dan perkembangan e-sports di Indonesia agar bisa lebih maju dan di pandang di kancah internasional, serta mendukung perkembangan lahirnya atlet-atlet baru Indonesia di bidang e-sports," dukung Triawan untuk para generasi muda dalam keterangan tertulis, Rabu (4/9/2019).


Triawan yang mendukung e-sports PUBGM menyatakan edukasi juga sangat penting dan jangan sampai ditinggal. E-sports memang mendatangkan banyak penghasilan, namun perlu ada keseimbangan dengan pendidikan.

Menurutnya, memulai menggeluti e-sports tidak sulit, karena semua sudah ada di smartphone dan dapat diunduh oleh siapapun. Kualitas dari game PUBGM pun bagus, terutama dengan digitalisasi yang semakin besar dan efisien.

Triawan menuturkan perlunya pelatihan khusus untuk profesi atlet e-sports PUBGM karena telah menjadi ajang internasional.
Pemerintah hingga Selebriti Dukung e-Sports PUBG Mobile Tanah(Foto: Dok. PUBGM)
Berbagai konten kreator, terutama yang bermain game PUBG Mobile, juga ikut mendukung ekosistem e-sports agar lebih maju lagi. Salah satunya adalah YouTuber yang sering menampilkan let's play PUBG Mobile Bennymoza.

"Harapan ke depannya ya, PUBG Mobile ini bisa mendominasi game e-sports di Indonesia mungkin ya, apalagi banyak banget kan penggemar game ini sendiri, terus di kembangin lagi mulai dari map, biar makin asik, udah asik tambah asik, sama kedepannya generasi muda bisa lihat potensi dari game PUBGM ini lah," tutur pria yang bernama asli Benny Setiawan tersebut.

Tidak hanya untuk para lelaki, perempuan pun dapat ikut menggeluti e-sports. Artis dan influencer cantik Pevita Pearce yang merupakan pemain game PUBGM sangat mendukung industri game di Indonesia, salah satunya melalui PUBGM College Championship.

Pevita mengutarakan perlu waktu dan dedikasi untuk bermain PUBGM, karena game tersebut memerlukan strategi dan kerja sama tim yang kuat karena memerlukan banyak taktik, PUBGM dikategorikan sebagai e-sports.

"Ayo majukan e-sports Indonesia!," tutup Triawan, Pevita dan Bennymoza.
Pemerintah hingga Selebriti Dukung e-Sports PUBG Mobile Tanah(Foto: Dok. PUBGM)
PUBG College Championship dapat menjadi jembatan untuk para calon atlet e-sports Indonesia. Para gamers dapat berlatih di kompetisi-kompetisi seperti ini terlebih dahulu untuk mengasah kemampuan sebelum akhirnya naik menjadi atlet nasional maupun internasional.

Berbagai kompetisi dan kegiatan telah dilakukan untuk meningkatkan atlet e-sports yang telah bertambah banyak, terutama setelah didukung oleh Kepala Bekraf Indonesia Triawan Munaf. Ekosistem yang telah diperbaiki ini diharapkan dapat melahirkan lebih banyak atlet e-sports untuk masa-masa yang akan datang.

[Gambas:Youtube] (adv/adv)