Usai Ubah Arsitektur Jaringan, XL Akan Lepas 4.500 Menara

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 06/09/2019 08:42 WIB
Usai Ubah Arsitektur Jaringan, XL Akan Lepas 4.500 Menara Presdir dan CEO XL Axiata Dian Siswarini. (CNN Indonesia/Agnes Savithri)
Jakarta, CNN Indonesia -- XL Axiata mulai mempersiapkan pelepasan menara sebanyak 4.500 pasca perubahan arsitektur jaringan. Presiden Direktur dan CEO XL Axiata Dian Siswarini mengungkap sedang mempersiapkan tender untuk pelepasan 4.500 menara tersebut.

"Kami masih melihat situasi pasar untuk melepas menara," ujar Dian, Kamis (5/9).

Dian menjelaskan awalnya tak ada rencana untuk melepas menara strategis. Namun, perubahan arsitektur jaringan XL membuat menara tersebut bisa dilepas.
"Saat ini perubahan arsitektur jaringan membuat jaringan terdistribusi," paparnya.


Direktur Keuangan XL Axiata Mohamed Adlan Bin Ahmad Tajudin mengungkap belum menentukan waktu kapan untuk menggelar tender pelepasan menara tersebut. Selain itu, Adlan pun belum mengetahui jumlah pasti menara yang akan dilepas.

"Jika bisa terjual semua, ya kami jual semua. Bisa tahun ini, tapi tinggal tersisa tiga bulan. Jadi bisa juga tahun depan," ujarnya dalam kesempatan yang sama.
Ini bukan kali pertama XL menjual menara miliknya. Pada 2014 silam, XL menjual sebanyak 3.500 menara senilai Rp5,6 triliun kepada Solusi Tunas Pratama. Setelah itu, pada 2016, perseroan melepas 2.500 menara senilai Rp3,5 triliun kepada Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo). (age/age)