Perkembangan Mobil Esemka Sampai Resmikan Pabrik di Boyolali

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Jumat, 06/09/2019 20:22 WIB
Ditinggal Jokowi ke Istana Foto: CNN Indonesia/Sri Hartono

Ditinggal Jokowi ke Istana

4. 2014

Jokowi melangkah ke Istana sebagai Presiden RI, dan Esemka akhirnya dikelola oleh perusahaan yang dikabarkan yaitu PT ACEH -merupakan gabungan dari PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL) dan PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK).

ACEH kabarnya dikepalai langsung oleh mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono. Sedangkan SMK adalah perusahaan yang dibentuk oleh 11 ribu koperasi SMK di Indonesia.


5. 2015

Esemka disebut sudah punya banyak prototipe dan siap masuk jalur produksi massal. Pengakuan guru otomotif SMKN 2 Surakarta Dwi Budhi Martono, ratusan Rajawali Esemka sudah dipesan.

6. 2016

Setelah tidak banyak kabar tentang Esemka, tiba-tiba perusahaan dikabarkan mendirikan fasilitas pabrik produksi di Boyolali, Jawa Tengah pada 2016.

Namun setelah itu pemberitaan Esemka kembali hening dan namanya kian lenyap di telan bumi. Beberapa pejabat yang dahulu tampak akrab dan erat dengan Esemka juga enggan mengkonfirmasi keberadaan serta eksistensi merek itu, termasuk Jokowi sebagai orang nomor satu di Indonesia.

Esemka Kembali Muncul ke Publik

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4 5 6