Pohon Tertinggi di Amazon Selamat dari Amukan Api

CNN Indonesia | Minggu, 08/09/2019 12:37 WIB
Pohon Tertinggi di Amazon Selamat dari Amukan Api Ilustrasi hutan Amazon. (Foto: Istockphoto/Marek Stefunko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ilmuwan Inggris dan Brasil memastikan pohon tertinggi yang menghuni hutan AmazonDinizia excels selamat dari kebakaran hutan yang terjadi selama beberapa pekan.

Para ilmuwan mengatakan penemuan spesies pohon raksasa ini dilakukan dengan menggunakan sensor aerial yang ditempatkan di atas hutan Amazon negara bagian Peru.

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Universitas Federal Valleys Jequitinhonha, Universitas Cambridge Inggris, dan Universitas Swansea pada Agustus lalu menemukan area hutan lindung bagi spesies Dinizia excelsa. Area tersebut diketahui berada di luar area yang terimbas kebakaran hutan.


Spesies pohon raksasa penghuni Amazon ini bisa tumbuh hingga ketinggian 88 meter dan diameter kayu hingga 5,5 meter. Pada umumnya Dinizia excelsa hanya tumbuh hingga ketinggian 60 meter.

"Kami memiliki penemuan hebat di sini dan sekarang berkomitmen untuk melestarikan pohon terbesar di Amazon," ungkap koordinator penelitian, Eric Bastos.

Dilaporkan AFP, Dinizia exelsa atau yang umum disebut Angelim vermelho ini memiliki warna yang merah kecoklatan. Semakin tua, pohon ini akan semakin gelap warnanya. 

Kayunya cukup keras dan kuat sehingga seringkali dimanfaatkan untuk material pembuatan kapal, demaga, dan lantai. Baunya cukup menyengat terutama saat sedang diolah. 

[Gambas:Video CNN] (ndn/evn)