Deretan Mobil Esemka yang Disebut Berspesifikasi Antipeluru

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 09/09/2019 11:07 WIB
Deretan Mobil Esemka yang Disebut Berspesifikasi Antipeluru Deretan mobil Esemka di pabrik Boyolali, Jawa Tengah. (Foto: CNN Indonesia/Sri hartono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mobil Esemka yang disebut punya spesifikasi antipeluru muncul dalam acara peresmian fasilitas perakitan kawasan Boyolali, Jawa Tengah pada pekan lalu. Esemka antipeluru tersebut diunggah akun media sosial Staf Khusus Presiden Bidang Sosial Diaz Faisal Malik Hendropriyono.

Dalam akun tersebut memperlihatkan tampak luar mobil berwujud Sport Utility Vehicle (SUV).

"Ya ini lihat, kacanya sudah dibuat antipeluru," ucap Diaz dalam videonya tanpa menjelaskan bagian antipeluru lain seperti bodinya.


[Gambas:Instagram]

Dari unggahan putera Mantan Kepala Badan Intelejen Negara (BIN), A.M Hendropriyono juga memperlihatkan bagian side plate bertuliskan Esemka dan pada karpetnya bertuliskan Garuda 1.

Nama Garuda 1 sempat bikin heboh dunia maya beberapa waktu lalu dan cukup banyak netizen menduga itu adalah mobil China Foday Landfort yang cuma menggunakan emblem Esemka.

Tidak ada informasi penting lain yang Diaz umbar lewat video singkatnya. Namun jika diamati, mobil tersebut menyuguhkan interior agak berbeda dari banyak mobil yang beredar di Indonesia yaitu menggunakan 'tembok' pemisah antara kursi baris pertama dan baris kedua.

Bagian pemisah itu disediakan dua layar hiburan untuk menemani penumpang selama perjalanan.

Mobil SUV bertuliskan 'Armored by Esemka'.Mobil SUV bertuliskan 'Armored by Esemka'. (Foto: CNN Indonesia/Sri hartono)
Selain itu, di acara peresmian 'rahim' Esemka perdana ini juga dipamerkan SUV bertuliskan 'Armored by Esemka' yang dikabarkan menggunakan basis Volvo XC90.

Belum bisa dipastikan terkait data teknis mobil misterius ini. Presiden Direktur SMK Eddy Wirajaya yang dihubungi CNNIndonesia.com terkait hal tersebut belum memberi jawaban.

Sebelumnya diketahui Esemka memang menggandeng salah satu perusahaan kendaraan taktis dan persenjataan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu Pindad untuk menghasilkan kendaraan spesial.

Esemka berkongsi dengan Pindad terkait proyek pengerjaan kendaraan antipeluru untuk digunakan Presiden dan Wakil Presiden.

[Gambas:Video CNN] (ryh/mik)