Huawei Rilis Ponsel Lipat Mate X Bulan Depan

Tim, CNN Indonesia | Senin, 09/09/2019 21:32 WIB
Huawei Rilis Ponsel Lipat Mate X Bulan Depan Huawei Mate X. (REUTERS/Jason Lee)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ponsel lipat Huawei dikabarkan akan segera rilis pada Oktober mendatang. Peluncuran Huawei Mate X yang sebelumnya dijadwalkan rilis beberapa waktu lalu tertunda karena alasan pengembangan 5G.

CEO Huawei Richard Yu dalam presentasi di IFA Berlin lalu mengatakan, pihaknya perlu memberi waktu bagi pengembang untuk menyesuaikan aplikasi dengan ukuran layar baru serta teknologi 5G. Alasan tersebut membuat peluncuran Mate X yang sempat tertunda tersebut butuh waktu yang lebih lama sebelum siap dipasarkan.

"Pembuatan ponsel ini tidak hanya sangat mahal tetapi memiliki beberapa tantangan untuk volume dan produksi massal," kata Richard pada Jumat (6/9), dikutip dari CNET.


Dilansir dari Digital Trends, Richard mengatakan ponsel lipatnya ini akan menggunakan chipset yang lebih baik. Sebelumnya, Mate X menggunakan prosesor Kirin 980 dan modem Balong 5000 5G.
Namun, Huawei meningkatkan prosesor dengan Kirin 990 yang merupakan prosesor solusi 5G all-in-one. Prosesor terbaru itu diklaim memiliki efisiensi daya yang lebih maksimal.

Richard mengungkap tetap merilis ponsel dengan kedua prosesor. Hanya saja Mate X dengan Kirin 980 direncanakan keluar lebih awal pada Oktober.

Belum diketahui waktu yang tepat, namun Mate X dengan Kirin 990 akan menyusul beberapa bulan setelahnya.

Huawei merupakan salah satu vendor ponsel yang pertama dalam mengembangkan inovasi ponsel lipat. Richard mengatakan, keunggulan perusahaannya diawali dengan investasi R&D yang besar.
"Kami berinvestasi lebih awal dan lebih banyak dari pesaing kami. Kami menempatkan 6.000 orang R&D di proyek, kebanyakan dari mereka dengan Ph.D.s. Investasi besar," katanya dalam wawancara eksklusif dengan Digital Trends.

Kabar perilisan ponsel lipat ini sebelumnya juga telah dilakukan oleh sang kompetitor. Samsung Galaxy Fold telah dipasarkan sejak Jumat lalu di negara asalnya, Korea Selatan. Dikutip dari 9to5Google, Galaxy Fold tersebut habis te (ndn/age)