Pabrik Beroperasi, Gaikindo Harap Esemka Bisa Tumbuh

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Kamis, 12/09/2019 09:38 WIB
Pabrik Beroperasi, Gaikindo Harap Esemka Bisa Tumbuh Presiden Joko Widodo membubuhi tanda tangannya di kap mesin Esemka Bima. (Foto: Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyambut baik peresmian fasilitas perakitan PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) di Boyolali, Jawa Tengah pada pekan lalu di tengah ketatnya persaingan industri otomotif di dalam negeri. Peresmian sekaligus perkenalan pikap Bima.

Ketua I Gaikindo Jongkie D. Sugiarto mengatakan kehadiran Esemka menambah 'warna' peta industri otomotif nasional, dan produknya dapat menjadi pilihan baru bagi masyarakat Indonesia.

"Masyarakat bisa mendapat pilihan yang lebih banyak lagi," kata Jongkie, Selasa (10/9).


Jongkie enggan berandai-andai soal masa depan Esemka yang diklaim sebagai merek lokal. Ia berharap pasar Esemka dapat berkembang dan menjadi brand besar di Indonesia bersaing dengan merek-merek yang lebih dahulu diterima konsumen.

"Kami berharap semua merek bisa tumbuh menjadi besar," ucap Jongkie.

SMK sebelumnya sudah melangsungkan acara seremonial sebagai tanda bila produsen mobil Esemka tersebut serius menggarap pasar Indonesia.

SMK juga meresmikan fasilitas produksinya yang berlokasi di Boyolali, Jawa Tengah yang nilanya mencapai Rp600 miliar.

Pihak Gaikindo dijelaskan Jongkie tidak ingin mengomentari bisnis yang dibangun SMK setelah disebut menjalin kerja sama dengan produsen otomotif China untuk meracik mobil di Indonesia.

Jongkie berharap SMK bisa bergabung menjadi anggota Gaikindo untuk membangun industri otomotif nasional.

"Kami belum dapat info apa pun dan mereka juga belum menjadi anggota Gaikindo," tutup Jongkie. (ryh/mik)