5 Kunci Penting Apple dalam Peluncuran iPhone 11

cnn Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 11/09/2019 08:01 WIB
5 Kunci Penting Apple dalam Peluncuran iPhone 11 Ilustrasi. (REUTERS/Clodagh Kilcoyne)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple kembali menggelar acara tahunan di Steve Jobs Theater, Cupertino, California, Amerika Serikat pada Selasa (10/9) pagi hari waktu setempat atau Rabu dini hari Waktu Indonesia Bagian Barat.

Dalam peluncuran kali ini ada beberapa peluncuran penting yang dilakukan oleh Apple. Berikut 5 peluncuran penting Apple

Apple Arcade


Apple Arcade menjadi yang pertama dikenalkan oleh Apple. Tab Arcade akan hadir dalam App Store. Arcade merupakan platform gim online baru di Apple. Apple mengungkap akan ada game baru setiap bulan, dengan rekomendasi, trailer game, dan panduan game.

Apple Arcade akan tersedia pada 19 September di 150 negara dengan 100 game dalam peluncuran perdananya. Apple membanderol US$4,99 per dollar per bulan atau setara dengan Rp70 ribu untuk berlangganan Apple Arcade.


Apple TV+

Apple akan meluncurkan layanan Apple TV+. Tim Cook mengungkap musim panas ini mereka akan meluncurkan tiga trailer film. Salah satunya yang diperankan oleh 'Aquaman' Jason Mamoa.

"Saya menantikan dunia melihat trailer ini," ujar Tim Cook.

Apple original ini akan meluncur 1 November dengan tagihan US$4,99 per bulan di 100 negara. Apple pun akan memberikan penawaran gratis langganan satu tahun jika membeli perangkat Apple mulai hari ini.

iPad Gen 7th

Apple mengumumkan pembaruan untuk iPad dan ukuran generasi ketujuh yang baru adalah 10,2 inci, naik dari ukuran layar standar 9,7 inci.

The Verge menuliskan, model ini dimulai dengan harga US$329, tetapi memiliki beberapa perbaikan dibandingkan iPad generasi terakhir. Model generasi ketujuh memiliki prosesor Bionic A10, yang awalnya debut di iPhone 7.

iPad ini pun memiliki Smart Connector, yang akan berguna jika Anda ingin membeli salah satu Smart Keyboards yang dapat dilampirkan secara magnetis dari Apple.
Apple Watch 5

Apple Watch 5 akhirnya akan menggunakan Always-on Retina Display. Apple membawa warna baru yang didominasi warna cerah untuk strap.

Dengan LTPO display, jam ini diklaim akan memiliki baterai yang lebih hemat. Apple pun membawa kompas dalam edisi kali ini.

Series 5 tersedia dalam warna silver, gold, space gray dengan material 100 persen recycled aluminum. Sedangkan bahan stainless tersedia dalam warna gold, space black, and polished.

Seperti rumor, Apple mendatangkan warna putih dengan model ceramic.

iPhone 11

iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Max Pro menjadi 'trisula' terbaru bagi perusahaan besutan mendiang Steve Jobs.

iPhone 11 hadir dengan layar 6,1 inci Retina Display dengan desain yang hampir mirip.

Apple membuat varian warna baru yakni yaitu purple, white, green, yellow, black, and red. Sebagian warna ini memang sudah hadir sejak seri iPhone 5c hingga iPhone XR. Namun, Apple membawa warna ungu dan hijau tosca dalam jajaran ponsel anyarnya.

Peningkatan pertama terjadi dari sisi cipset. Kali ini, iPhone menggunakan cipset A13 Bionik dengan fabrikasi 7 nm. Diklaim sebagai CPU dan GPU tercepat di ponsel pintar.

iPhone 11 juga memiliki IP68 yang menandakan ketahanan air hingga 2 meter dalam waktu 30 menit.

Peningkatan juga berada dari sisi kamera. iPhone 11 dibekali dengan dual kamera 12 MP wide angle dan 12 MP ultra-wide camera yang mendukung 12x optical zoom.

Phone Pro dan iPhone Pro Max hadir dengan tambahan kamera ketiga. iPhone 11 Pro memiliki layar  OLED 5,8 inci, sedangkan iPhone 11 Pro Max memiliki layar 6,5 inci.

Kamera ketiga ini adalah kamera ultra wide angle 12 MP dengan sudut pandang 120 derajat. Dua kamera lainnya adalah 12 MP Wide Camera dan 12 MP Telephoto Camera.

Layar OLED memiliki tingkat kecerahan 1.200 nit, 2 juta: 1 contrast ratio dan 15 persen efisiensi energi. Apple menyebutnya sebgai Super Retina XDR display dan diklaim sebagai layar tertangguh di antara ponsel pintar.

Masih dari sisi fotografi, Apple juga menawarkan fitur komputerisasi fotografi yang disebut 'Deep Fusion'. Fitur ini menghasilkan foto yang menggabungkan sembilan gambar melalui maching learning. (age/age)