BPPT: Jasa Habibie Hasilkan Inovasi Demi Kemajuan Industri

cnn indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 12/09/2019 13:09 WIB
BPPT: Jasa Habibie Hasilkan Inovasi Demi Kemajuan Industri BJ Habibie. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menilai BJ Habibie berjasa menghasilkan inovasi untuk mendorong kemajuan industri nasional. Salah satu jasa BJ Habibie adalah membidani kelahiran BPPT.

Kepala BPPT Hammam Riza mengenang filosofi Habibie adalah berawal di akhir dan berakhir di awal. Kalimat tersebut menjelaskan cita besar Habibie guna melakukan transformasi industri tanah air.

"Prof. Habibie memberi kesempatan besar kepada kami, memberi ribuan beasiswa hingga kami dapat menjadi sumber daya manusia (SDM) Iptek. Yang menguasai iptek agar dapat berkarya, melakukan transformasi industri, dengan filosofi bermula di akhir dan berakhir di awal," ungkap Hammam dalam keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (12/11).


Hammam mengatakan filosofi tersebut menjadi penyemangat BPPT untuk mewujudkan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai pendorong pembangunan nasional.
"Filosofi dan cita-cita Pak Habibie akan menjadi semangat bagi kami di BPPT untuk melakukan lompatan teknologi, mempercepat penguasaan dan pemanfaatan teknologi yang dibutuhkan masyarakat dan industri nasional," katanya.

Figur Habibie sebagai pendiri BPPT, disebut Hammam, menjadi roh bagi aktivitas pengkajian dan penerapan teknologi hingga saat ini.

"Kami selalu ingat filosofi Berawal di Akhir dan Berakhir di Awal. Inilah yang menjadi semangat bagi kami untuk berupaya menghadirkan inovasi yang dapat dikomersialisasikan, dan diproduksi massal oleh industri," papar Hammam.

Lebih lanjut Hammam juga menyebut dirinya bulan lalu baru bertemu dengan Habibie untuk membicarakan ihwal konsep SDM Iptek demi kemajuan Indonesia. Saat itu Habibie mengingatkan bahwa SDM Iptek, merupakan pilar penting guna membangun Indonesia ke depan.
"SDM berbasis Iptek, menjadi keunggulan bagi Indonesia yang akan menghadapi bonus demografi kedepan. Prof. Habibie bulan lalu saat saya berkunjung ke kediaman beliau menegaskan agar BPPT, terus fokus juga dalam pembangunan SDM berbasis Iptek," kata Hamam.

Hammam kemudian menyebut seluruh jajaran di BPPT berbela sungkawa dan turut mendoakan kepergian sang Teknokrat

"Doa kami senantiasa untukmu Bapak Pendiri BPPT. Selamat Jalan BJ Habibie, Founding father BPPT. We salute you, your life is our inspiration. Forever and ever," pungkas Hammam.

[Gambas:Video CNN] (jnp/age)