Yamaha Edukasi Konsumen Balap Ketahanan 2 Jam

fea, CNN Indonesia | Kamis, 19/09/2019 04:07 WIB
Yamaha Edukasi Konsumen Balap Ketahanan 2 Jam Yamaha Motor Indonesia Manufacturing (YIMM) menggelar balap ketahanan Yamaha Endurance Festival 2019 di Sirkuit Internasional Sentul, pada 14-15 September. (Dok. Doni Darwin)
Jakarta, CNN Indonesia -- Yamaha Motor Indonesia Manufacturing (YIMM) mengedukasi konsumen soal balap ketahanan di Sirkuit Internasional Sentul, pada 14-15 September. Acara yang dikemas dengan titel Yamaha Endurance Festival 2019 ini diikuti peserta yang terdiri dari 48 tim menggunakan dua model andalan, R15 dan R25.

Balap ketahanan ini diikuti oleh setidaknya sembilan komunitas, yaitu R25 Owner Community Kaskus (ROCK), Yamaha R25 Owner Indonesia (YROI), Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI), R15 Club Indonesia, RISER, YR15CI Jakarta, R15 Club Indonesia, Yamaha Master of Torque Indonesia (YMTI) dan Cornering Indonesia.

Yamaha Endurance Festival pada tahun ini merupakan yang kedua kalinya digelar YIMM. Pada tahun lalu balap ketahanan cuma digelar satu jam, namun penyelenggaraan kali ini waktu balap ditingkatkan menjadi dua jam.


Teknis lain yang berubah juga yaitu waktu Pit in dan Pit Out ditetapkan 1 menit 30 detik, pada tahun lalu waktunya 3 menit.

"Peningkatan durasi balap ketahanan Yamaha Endurance Festival 2019 sudah melalui pertimbangan matang. Kita sudah melakukan kajian dan memang sesuai dengan aspirasi teman-teman pembalap dan komunitas," kata M Abidin, General Manager After Sales & Motor Sports YIMM di Bogor, Minggu (15/9).

Balap ketahanan lumayan terkenal di dunia, salah satu yang paling tersohor yaitu Le Mans 24 jam. Format Yamaha Endurance Festival meniru gaya Le Mans 24 Jam, termasuk saat start di mana pebalap mesti lari menuju motor dari seberang lintasan.

Selain di Eropa, balap ketahanan internasional juga rutin digelar di Asia, salah satunya di Jepang seperti Suzuki 8 Hours.

Yamaha Edukasi Konsumen Balap Ketahanan 2 JamYamaha Motor Indonesia Manufacturing (YIMM) menggelar balap ketahanan Yamaha Endurance Festival 2019 di Sirkuit Internasional Sentul, pada 14-15 September. (Dok. Doni Darwin)

Tujuan utama balapan sampai berjam-jam di sirkuit yakni untuk menguji daya tahan produk sebab sepeda motor yang dipakai merupakan produksi massal. Selain itu, balapan jenis ini juga mengetes kemampuan pebalap, strategi tim, dan penyesuaian modifikasi.

Bukan cuma soal pebalap, buat masyarakat yang gemar nonton balap acara ini terbuka secara gratis. (fea)