Automasi Sistem Kerja, Zomato PHK 540 Karyawan

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 17/09/2019 11:53 WIB
Automasi Sistem Kerja, Zomato PHK 540 Karyawan Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/ Susetyo Dwi Prihadi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Situs pencarian restoran asal India, Zomato telah memangkas 540 dari divisi layanan pelanggan (customer support). Penggunaan teknologi automasi untuk mendukung pelayanan pelanggan menjadi penyebabnya.

Langkah pemutusan kerja sebelumnya juga telah dilakukan Zomato pada Agustus lalu. Perusahaan saat itu memangkas setidaknya 60 karyawan.

"Selama beberapa bulan terakhir, kami telah melihat produk dan platform teknologi kami berkembang dan meningkat secara signifikan. Dan kami ingin meningkatkan kecepatan resolusi layanan, yang saat ini menurun 7,5 persen dari 15 persen," kata juru bicara Zomato seperti dilansir Economic Times.


Zomato akan memberikan pesangon sebesar tiga hingga empat bulan gaji bagi karyawan yang terkena PHK.

Selain itu, perusahaan menjanjikan untuk membantu mantan karyawan mereka mendapatkan pekerjaan baru dan memberikan asuransi hingga Januari 2020.

Guna mewujudkan teknologi automasi untuk mempercepat produksi barang dan jasa, Zomato mengungkapkan sedang merekrut talenta di bidang teknologi, produk, dan ilmu data.

Pemutusan hubungan kerja kali ini diketahui juga lantaran Asosiasi Restoran Nasional India (NRAI) mempermasalahkan keanggotaan ribuan restoran pada program Zomato Gold yang dinilai kontroversial.

Mengutip Business Today, selisih paham antara perusahaan dan para mitra restoran disebut karena adanya tawaran diskon besar-besaran.

Akibatnya ratusan restoran di New Delhi, Mumbai, dan Gugram menarik diri dari program tersebut. Perusahaan disebut memiliki 6.500 mitra restoran dan 1 juta pelanggan dari program Zomato Gold.

[Gambas:Video CNN] (din/evn)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA