Fitur Baru Google Photo Tampilkan Kenangan Lama

Tim CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 19/09/2019 15:08 WIB
Fitur Baru Google Photo Tampilkan Kenangan Lama Ilustrasi. (CNN Indonesia/Agnes Savithri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google Photos kini menghadirkan fitur terbaru yang dapat mengingatkan lagi pengguna pada momen-momen yang sebelumnya telah tersimpan. Fitur tersebut bernama "Memories".

Dilihat dari tampilannya, Memories mirip dengan Instagram Stories. Kumpulan Memories akan muncul di bagian paling atas Galeri pada aplikasi Google Photos. Untuk dapat melihatnya, pemilik akun hanya perlu mengetuknya.

Dilansir dari Engadget, fitur ini menggantikan fitur dengan fungsi serupa yakni "rediscover this day" yang secara otomatis menampilkan foto-foto lama Anda dan bahkan membuatnya dalam bentuk kolase.
Memories dibuat khusus untuk mengenang memori yang disimpan secara privat karena hanya pemilik akun yang dapat melihatnya. Namun pada beberapa bulan mendatang, Google memungkinkan pengguna untuk membagikan fotonya ke orang lain secara lebih mudah.


Foto yang dibagikan juga diklaim memiliki kualitas aslinya. Pada fitur ini, Google menggunakan machine learning yang mampu memilah kumpulan foto yang sama dan memilih yang terbaik.

Director Google Photos Shimrit Ben-Yair mengatakan bahwa tidak semua foto lama Anda akan muncul pada fitur tersebut.

"Anda memahami bahwa Anda mungkin tidak ingin mengunjungi kembali semua memori Anda, sehingga Anda dapat menyembunyikan orang atau periode waktu tertentu, dan Anda memiliki opsi untuk mematikan fitur ini sepenuhnya," kata Ben-Yair dalam sebuah tulisan blog pekan lalu.
Menggunakan Google Photos, Anda dapat menyimpan dan mencari foto atau tangkapan layar lama Anda dengan cara yang mudah, bahkan jika Anda tidak mengingat lokasi, Google tetap dapat menemukannya.

"Untuk memudahkan menemukan foto atau tangkapan layar yang berisi teks, Anda sekarang dapat mencari berdasarkan teks di foto Anda. Ketika Anda merasa nostalgia untuk masakan rumah, Anda bisa mencari "kue wortel" dan segera menemukan resep ibu Anda."

Google sepertinya juga menyadari betapa berharganya sebuah foto bagi seseorang. Kini, pengguna dapat menyetak foto berukuran 4x6 dan memesannya langsung pada Google Photos.

Sayangnya layanan ini baru tersedia di Amerika Serikat karena hanya dapat mengambilnya secara langsung di CVS Pharmacy dan Walmart terdekat. (age/age)