Elon Musk Pamer Foto Prototipe Roket Misi ke Mars

CNN, CNN Indonesia | Kamis, 19/09/2019 16:57 WIB
Elon Musk Pamer Foto Prototipe Roket Misi ke Mars Ilustrasi. (Foto: REUTERS/Thom Baur)
Jakarta, CNN Indonesia -- CEO SpaceXElon Musk pamer prototipe roket yang akan digunakan untuk misi ke Mars. Roket yang dinamakan 'Starhopper' ini akan melalui serangkaian tes di Boca Chica, Texas.

Lewat cuitan di akun Twitter pribadinya, Musk mengungkap roket Starhopper dirancang untuk mengukur kemampuan pesawat ruang angkasa untuk melakukan pendaratan.

Bulan lalu Starhopper telah lulus tes penting tahap akhir yang berhasil melakukan pendaratan setelah berada di ketinggian 150 meter dari permukaan.




Prototipe Starhopper baru ini diharapkan membawa peningkatan signifikan dengan adanya penambahan dua atau lebih mesin roket. Lewat cuitannya bulan lalu, Musk mengatakan rangkaian pengetesan roket ini akan rampung pada Oktober. Tahap berikutnya perusahaan akan mengirimkan pesawat ke orbit Bumi.

Sebelum bisa digunakan untuk misi ruang angkasa, roket yang digunakan harus menyentuh kecepatan sekitar 27 ribu kilometer per jam untuk mencapai orbit.

Mengutip CNN, jika semua rencana berjalan mulus maka Starhopper akan digunakan sebagai pendorong raksasa untuk Starship. Starship nantinya akan terlepas dari roket Super Heavy setelah sampai di ruang angkasa.

Starship berikutnya akan menempuh perjalanan dengan kecepatan lebih dari 40 ribu kilometer per jam selama enam bulan sebelum menyentuh permukaan Planet merah.

Misi ambisius SpaceX ini merupakan upaya untuk membangun koloni di Mars. Rencananya misi ini akan menjadi yang pertama dengan membawa awak manusia selama perjalanan dan menghuni Mars.

[Gambas:Video CNN] (evn/evn)