Organisasi Nirlaba Apresiasi Donasi Digital ala GoPay

Gojek, CNN Indonesia | Kamis, 19/09/2019 20:13 WIB
Organisasi Nirlaba Apresiasi Donasi Digital ala GoPay Sejumlah organisasi nonprofit memberikan apresiasi terhadap pelatihan penggunaan media sosial yang diberikan oleh GoPay dalam menggalang donasi digital. (Foto: IndoRelawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- GoPay menghadirkan program edukasi mengenai penggunaan media sosial untuk kampanye nonprofit. Pelatihan yang diberikan adalah seputar perencanaan kampanye di media sosial untuk memudahkan pengumpulan donasi publik.

Public Affairs Lead GoPay Armyn Gita mengatakan edukasi tersebut agar dapat membantu organisasi di Indonesia untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas penggalangan dana.

"Melalui rangkaian pelatihan ini kami berharap dapat membantu memudahkan lembaga, yayasan, perkumpulan, asosiasi, hingga rumah ibadah dalam mengumpulkan lebih banyak donasi secara transparan dan lebih mudah," ujar Armyn dalam acara bertajuk Belajar Berbagi: How To Kick off Social Media Campaign for Non-profits, Kamis (19/9).



Acara yang berlangsung di kantor pusat Gojek di Jakarta itu merupakan bagian dari inisiatif GoPay for Good yang sudah berjalan sejak Februari 2019. Inovasi donasi digital GoPay ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak karena menawarkan kemudahan berdonasi--cukup dengan scan kode QR atau memilih GoPay sebagai metode pembayaran.

Memudahkan Galang Donasi

Manager Fundraising Lazis Muhammadiyah (LazisMu) Edi Muktiono menyatakan pelatihan media sosial dan penggunaan kode QR GoPay untuk donasi digital telah memudahkan organisasinya untuk menggalang donasi.

"Sebagai organisasi yang bergerak di bidang filantropi Islam pada fokus zakat, infak, dan sedekah, LazisMu merasakan manfaat atas pelatihan ini untuk membuat strategi kampanye di media sosial yang lebih efektif dan 'nendang' sehingga mendorong masyarakat lebih tertarik berdonasi," ujar Edi

Senada, Head of Digital Strategist Dompet Dhuafa Indonesia Adi Kurniawan mengaku pihaknya merasakan manfaat yang besar dari kegiatan yang dilakukan oleh GoPay.


"Di era serba digital, GoPay bisa dimanfaatkan untuk memudahkan masyarakat berdonasi. Dengan jumlah pengguna yang sangat banyak, kita bisa memanfaatkan pengguna GoPay. Selain itu, kegiatan pelatihan yang dilakukan GoPay ini juga sesuai dengan tantangan yang dihadapi oleh organisasi nonprofit untuk meningkatkan kesadaran publik," ujar Adi.

Diketahui, hingga saat ini GoPay sudah bekerja sama dengan lebih dari 400 masjid dan yayasan di 14 kota di Indonesia. Dengan bekerja sama dengan GoPay, sejumlah lembaga nonprofit merasakan kemudahan dalam penggalangan donasi publik. (fef)