Data Penumpang Bocor, Lion Air Tidak Salahkan Pihak Ketiga

Tim CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 20/09/2019 09:16 WIB
Data Penumpang Bocor, Lion Air Tidak Salahkan Pihak Ketiga Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Managing Director Lion Group Capt. Daniel Putut Kuncoro Adi tidak ingin menyalahkan administrator atau pihak ketiga yang bekerja sama dengan Lion Air Group untuk menyimpan data penumpang.

Sebab, Daniel mengatakan sampai saat ini pihaknya masih melakukan proses investigasi.

"Kami belum bisa menyebutkan administratornya [pihak ketiga] karena sedang dalam proses investigasii. Kami sedang investigasi, jadi pihak mana yang sebetulnya melakukan hal ini," ucapnya kepada awak mdia di kantor Kominfo, Jakarta, Kamis (19/9).


Lebih lanjut, Daniel mengungkapkan bahwa bukan hanya Lion Air yang bekerja sama dengan pihak ketiga namun maskapai lain pun melakukan hal yang sama.
"Iya, saya pikir semua maskapai juga melakukan hal yang sama," ungkapnya.

Kendati demikian, Lion Air tidak menampik keterlibatan pihak ketiga dalam kasus kebocoran data penumpang itu. Pihak maskapai menyebut bakal menyelidiki lebih lanjut proses bisnisnya.

"Business process-nya nanti akan kami selidiki, poin kelemahannya di mana," tutur Daniel.

Ditanya apakah sudah ada kerugian materi akibat kebocoran data itu, Lion Air mengatakan belum sampai menghitung kerugiannya namun yang pasti nama baik Lion Air saat ini dipandang tidak baik.
Selain itu, Daniel mengatakan sampai saat ini belum ada laporan penumpang Lion Air Group yang melaporkan data pribadinya disalahgunakan pihak lain.

"Sampai dengan saat ini belum ada yang melapor," pungkasnya. (din/age)