Saingi Penjualan Avanza, Mitsubishi Gelar Festival Xpander

fea, CNN Indonesia | Sabtu, 21/09/2019 15:43 WIB
Saingi Penjualan Avanza, Mitsubishi Gelar Festival Xpander Mitsubishi Xpander. (Dok. Mitsubishi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mitsubishi Indonesia menggelar serangkaian 'Pinter Bener Family Festival' di lapangan parkir Lenmarc Mall Pakuwon, Surabaya, (21-22/9). Acara ini bagian dari kampanye guna menjaga pangsa pasar Xpander di Indonesia, sebelumnya acara serupa sudah dilakukan di Bekasi dan Yogyakarta.

Aktivitas PBFF yang diselenggarakan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) untuk menyosialisasikan kepada konsumen mengenai keuntungan memiliki Xpander.

"Event ini merupakan bentuk apresiasi kami atas antusiasme masyarakat terhadap Xpander, yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa Xpander hadir dengan berbagai keunggulan fitur dan keuntungan dari total biaya kepemilikan dan perawatan," kata Presiden Direktur PT MMKSI Naoya Nakamura di Surabaya, Sabtu (21/9).


Pada Juli 2019, penjualan Xpander disalip Avanza. Low MPV kebanggaan Mitsubishi itu terjual 5.775 unit, sementara Avanza 7.848 unit. Pada posisi ketiga diisi Suzuki Ertiga 2.095 unit.

Sedangkan total penjualan wholesales low MPV di dalam negeri sepanjang semester I 2019 masih dipimpin Avanza yang menorehkan angka 39.815 unit, atau melebihi penjualan Xpander sebesar 32.652 unit.

Nakamura menjelaskan acara PBFF diharapkan memberikan pemahaman pada konsumen terkait keunggulan MPV 'murah' Xpander dari sisi fitur, layanan purna jual, dan total biaya kepemilikan kendaraan.

Surabaya dipilih menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan acara PBFF dikarenakan kontribusinya positif dari area Jawa Timur bagi penjualan nasional kendaraan penumpang Mitsubishi sebesar 33 persen.

Pada periode Januari sampai Juli 2019, MPV Xpander memiliki pangsa pasar lebih dari 26 persen di Surabaya dan provinsi Jawa Timur.

Selain memajang Xpander, MMKSI juga menghadirkan tiga unit tes buat konsumen, yaitu Xpander, Pajero Sport Dakar, dan Eclipse Cross di area test drive. (fea)