Catatan dari Seoul

Alasan Samsung Pindahkan Lokasi Tombol 'Power'

CNN Indonesia | Senin, 23/09/2019 15:29 WIB
Alasan Samsung Pindahkan Lokasi Tombol 'Power' Samsung Galaxy Note 10 (dok. CNN Indonesia/Jonathan Patrick)
Seoul, CNN Indonesia -- Samsung telah memutuskan untuk memindahkan lokasi tombol daya ke sebelah kiri ponsel. Pemindahan lokasi ini membuat banyak pengguna ponsel pintar itu sedikit canggung ketika hendak menekan tombol power.

Samsung kemudian menjelaskan mengapa mereka memindahkan lokasi tombol power ke lokasi yang tidak biasa itu. Perusahaan Korea Selatan itu, pertimbangan pemindahan itu ada kaitannya dengan penggunaan pena digital S-Pen pada Galaxy Note 10.

"Desain tombol power membedakan antara merek note dan lainnya. Dan kalo pake S-Pen umumnya pakai tangan kanan, tangan kiri bisa buat navigasi tombol jadi pindah ke sebelah kiri," ujar Product Marketing Samsung Indonesia Taufiq Furqan,saat Media Workshop Galaxy Note 10, di Seoul, Korea Selatan, Rabu (18/9).


Saat CNNIndonesia.com menjajal berbagai fitur ponsel di Seoul, Korea Selatan, tentu tombol ini sangat berguna bagi para pengguna tangan kiri alias kidal. Tentu para orang kidal cenderung memegang ponsel dengan tangan kiri, lokasi tombol mudah untuk diraih.

Akan tetapi, bagi pengguna tangan kanan, tombol cukup berguna ketika sedang berkreasi menggunakan S-Pen. Ketika menggunakan S-Pen dengan tangan kanan, maka tangan kiri akan memegang ponsel.

Taufiq lebih lanjut mengatakan sejauh ini belum ada respon negatif dari konsumen. Ia mengakui konsumen memang perlu beradaptasi ketika menggunakan ponsel dengan tangan kanan.

"Sampai saat ini belum ada feedback mengenai pemindahan tombol ini, terutama yang negatif. Sejauh ini konsumen hanya perlu adaptasi beberapa saat setelah itu langsung terbiasa dengan tombolnya," kata Taufiq. (jnp/eks)