Telkomsel Blokir Akses Internet di Wamena

Tim, CNN Indonesia | Senin, 23/09/2019 18:33 WIB
Telkomsel Blokir Akses Internet di Wamena Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)
Jakarta, CNN Indonesia -- Telkomsel telah membatasi layanan data telekomunikasi di Wamena, Papua mulai Senin, (23/9). Pembatasan ini dilakukan sejalan dengan arahan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) karena adanya kerusuhan di Wamena, Papua.

VP Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin mengungkap perusahaan telah mengikuti arahan pemerintah.

"Menindaklanjuti arahan dari Kemenkominfo pada hari Senin, 23 September 2019 mengenai pemblokiran sementara layanan Data Telekomunikasi di kota Wamena, maka Telkomsel sebagai operator penyedia layanan telekomunikasi mengikuti perintah yang telah ditetapkan pemerintah tersebut," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (23/9).
Denny menambahkan untuk sementara kantor layanan Telkom Group di Wamena tidak akan beroperasi hingga waktu yang belum dapat ditentukan. Namun, pelanggan dapat memanfaatkan layanan call center di nomor 188.


Denny pun menjelaskan pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemda, POLRI, TNI, Kemenkominfo, serta aparat setempat untuk mengambil tindakan preventif melakukan pengamanan aset serta fasilitas pendukung alat produksi di wilayah Wamena.

"Kami berharap agar situasi di kota Wamena semakin kondusif," tambahnya.
Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara disebut telah memberi arahan kepada operator untuk melakukan pembatasan akses internet di Wamena. Operator juga telah melakukan pembatasan akses internet tersebut.

"Barusan dapat update Pak Menteri sudah meminta operator untuk pembatasan layanan data di Wamena dan sudah dilakukan oleh operator," kata Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo Ferdinandus Setu dalam pesan singkat, Senin (23/9). (age/age)