XL Klaim Pengguna Internet 49 juta Hingga Semester 1 2019

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 26/09/2019 05:40 WIB
XL Klaim Pengguna Internet 49 juta Hingga Semester 1 2019 Ilustrasi akses internet. (Foto: CNN Indonesia/Jonathan Patrick)
Jakarta, CNN Indonesia -- XL Axiata mengungkap 88 persen dari total 56,6 juta atau sekitar 49 juta pelanggan telah menggunakan akses internet hingga semester pertama 2019.

Jumlah ini meningkat dari sebelumnya sebanyak 54,9 juta pada semester kedua 2018. Chief marketing officer XL Axiata, David Arcelus Oses mengatakan kualitas jaringan data yang semakin baik membuat pengguna kian intens mengakses internet.

"Kami berharap akan mampu bukan saja mempertahankan pelanggan yang sudah ada, namun sekaligus juga meningkatkan jumlah pelanggan dan terutama trafik penggunaan," ungkap Oses disela peluncuran Paket Xtra Kuota Zero di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Senin (23/9).


Menurutnya, ketersediaan akses internet turut mendukung akses berbagai layanan data dari lokasi yang juga kian luas.

Menyoal konten yang paling banyak dinikmati, Oses mengatakan layanan streaming video dan musik mendominasi penggunaan internet.

"Berdasarkan data terakhir mengenai distribusi penggunaan layanan data oleh pelanggan, layanan streaming memang menjadi layanan yang paling dominan, yaitu sekitar 68 persen," katanya.

Akses streaming melalui YouTube disebut mendominasi, disusul Facebook dan Instagram mencapai 64 persen. Selain itu, ia mengungkapkan 25 persen pengguna mengakses gim daring, pesan instan sebanyak 17 persen, dan media sosial dengan 15 persen.

Saat ini jaringan XL diperkuat dengan lebih dari 127 ribu BTS (base transceiver station) termasuk lebih dari 53 ribu BTS 3G dan lebih dari 37 ribu BTS 4G.

Anak perusahaan Axiata Group Bhd. Sdn. ini mengklaim jaringan 4G LTE sudah mencapai lebih dari 408 kota atau kabupaten. XL mengatakan akan melanjutkan investasi untuk membangun jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai peningkatan jaringan.

[Gambas:Video CNN] (jnp/evn)