Honda Setop Jual Mobil Diesel di Eropa Mulai 2021

Reuters, CNN Indonesia | Kamis, 26/09/2019 03:56 WIB
Honda Setop Jual Mobil Diesel di Eropa Mulai 2021 Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pabrikan otomotif asal Jepang, Honda mengumumkan bakal menyudahi penjualan mobil diesel di Eropa mulai 2021.

Rencana tersebut terkait strategi perusahaan yang ingin lebih serius mengembangkan kendaraan ramah lingkungan jenis hybrid dan listrik di benua biru.

Pengumuman tersebut menyusul terus menurunnya pangsa pasar mobil diesel di Eropa imbas dari pengetatan regulasi emisi kendaraan. Kondisi ini mendorong industri manufaktur memproduksi mobil ramah lingkungan.


Mengutip Reuters Selasa (24/9), riset dari IHS Markit menjelaskan pangsa pasar kendaraan diesel di Eropa menurun dari sebelumnya 50 persen pada 2011 menjadi 44,4 persen pada 2017. Angka itu diperkirakan bisa terus menyusut hingga 32,5 persen pada 2022.

Selain Honda, merek Jepang lain yang sudah membuat pengumuman serupa yaitu Mitsubishi dan Suzuki.

Suzuki pun sudah memulai dengan menghentikan produksi mobil diesel di pabriknya di Hungaria pada awal 2018. Praktis tidak ada penjualan mobil diesel Suzuki di Eropa.

Sedangkan Mitsubishi hanya akan menyisakan mobil diesel pada segmen pikap atau kendaraan komersial di negara Eropa.

Sementara itu, kota-kota besar di Eropa seperti London, Berlin, dan Paris secara tegas melarang pengoperasian mobil diesel dengan alasan mencemari udara. (ryh/mik)