Trik Buat Pengemudi Supaya Lolos dari Kerumunan Pedemo

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Selasa, 24/09/2019 15:59 WIB
Trik Buat Pengemudi Supaya Lolos dari Kerumunan Pedemo Demo mahasiswa di depan Gedung DPR/MPR, Selasa (24/9). (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aksi unjuk rasa mahasiswa yang terjadi hari ini Selasa (24/9) di depan Gedung DPR/MPR dan sejumlah wilayah lain akan mengganggu aktivitas pengendara. Pedemo yang menggelar aksi dipastikan membuat lalu lintas tersendat, bahkan Transjakarta sudah mengalihkan rute untuk menghindari kerumunan massa.

Aksi para pedemo tak sedikit membuat pengendara mobil atau motor kesal karena jalannya. Namun ada cara agar pengemudi tidak terjebak dalam kemacetan imbas aksi para demonstran. Berikut ulasannya.

Baca berita


Sebelum memulai aktivitas sebaiknya mencari tahu situasi dan kondisi lalu lintas melalui berita. Ini guna mengetahui jalan yang akan dilalui. Pastikan informasi yang didapat dari sumber terpercaya.

Di dalam berita juga bakal tersaji informasi tentang pengalihan arus lalu lintas yang sudah dikonfirmasi oleh petugas polisi. Dengan demikian tidak terjebak padatnya lalu lintas akibat massa aksi.

Rencana perjalanan

Pengendara bisa mengantisipasi kegiatan demo dengan berangkat lebih awal. Namun alternatif lainnya, kita bisa merancang perjalanan terlebih dahulu.

Misalnya, pikirkan kembali apakah memungkinkan menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga dengan menggunakan angkutan umum, seperti Transjakarta. Moda transportasi ini biasanya sudah punya persiapan dalam memilih jalur yang tepat untuk terhindar dari demo.

Gunakan aplikasi untuk memilih jalan

Di era yang serba teknologi sebetulnya pengendara tidak perlu pusing dalam memilih jalan untuk menghindari demo.

Algoritma peta digital mampu mendeteksi jalan macet dan lancar. Kecanggihan teknologi bisa mengarahkan kita untuk menghindari kemacetan menggunakan kendaraan untuk sampai ke tempat tujuan lebih cepat. (ryh/mik)