Google Rilis Layanan Gim Berlangganan Pesaing Apple Arcade

CNN, CNN Indonesia | Jumat, 27/09/2019 02:29 WIB
Google Rilis Layanan Gim Berlangganan Pesaing Apple Arcade Google Play Pass. (Foto: Screenshot via Google Play store)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google memperkenalkan layanan gim berlangganan Play Pass, untuk pengguna Android. Layanan ini sepintas serupa dengan Apple Arcade yang diperkenalkan pada 11 September lalu.

Layanan gim ini menyediakan lebih dari 350 aplikasi dan gim gratis tanpa iklan, aplikasi dengan item yang dibeli saat dimainkan (in-app puchase) dan aplikasi berbayar.

Dilaporkan CNN, seperti halnya Apple Arcade, biaya berlangganan Google Play Pass juga dibanderol US$4,99 per bulan.


Kendati nampak sama, Google menawarkan layanan yang berbeda lantaran ada beberapa gim dan aplikasi yang tersedia di Play Pass juga tersedia di Play Store. berbeda dengan Apple Arcade yang didukung lebih dari 100 judul gim eksklusif.

Untuk menggaet pengguna, Google menawarkan promo gratis selama 10 hari bagi pengguna Android.

Disamping itu, harga berlangganan juga ditawarkan US$1,99 per bulan selama setahun bagi pengguna yang mulai berlangganan sebelum 10 Oktober 2019.

Pengguna di AS bisa berbagi sistem berlangganan dengan lima orang anggota keluarga. Google menjanjikan sekma berlangganan yang bisa dipakai bersama ini juga akan tersedia untuk negara lain 'dalam waktu dekat'.

Selain bisa menguntungkan pengguna, raksasa teknologi asal California ini menjanjikan penggunaan Play Pass juga memberikan data penghasilan pengembang gim dan aplikasi. Google juga akan menyajikan data pola pengguna saat mengonsumsi aplikasi atau gim mereka.

Layanan baru ini akan berimbas bagi pengembang indie yang tak perlu berjibaku bersaing ketat dengan pengembang raksasa d Google Play Store.

[Gambas:Video CNN] (evn/evn)