Spesifikasi 'Ambulans Bawa Batu'

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Jumat, 27/09/2019 13:44 WIB
Ada dua ambulans yang diduga membawa batu dan botol berisi bensin yang diamankan polisi. Ambulans hancur pada bagian kaca belakang. (Foto: CNN Indonesiaa/Patricia Diah Ayu)
Jakarta, CNN Indonesia -- Demo mahasiswa beberapa hari terakhir diramaikan dugaan mobil ambulans yang membawa batu dan botol berisi bensin. Ada dua ambulans yang diamankan polisi di lokasi tak jauh dari lokasi demo di sekitar Gedung DPR/MPR.

Hasil penelusuran CNNIndonesia, salah satu mobil ambulans tersebut berbasis Hyundai H-1 Starex Mover yang dipasarkan PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI).

HMI menjual dua model H-1, yaitu pertama dijual untuk konsumen retail, dan model kedua yakni MPV Starex Mover untuk konsumen fleet atau pembeli borongan. Mobil ini dirakit pabrik Hyundai Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat.


Hyundai H-1 Starex Mover parkir di posisi depan.Hyundai H-1 Starex Mover parkir di posisi depan. (Foto: CNN Indonesiaa/Patricia Diah Ayu)
Hyundai Starex dirancang dari H-1 dengan basis yang serupa. Starex bisa dimodifikasi hingga opsi 10+1 konfigurasi kursi. Ada juga hanya dua kursi, sementara bagian belakang kosong yang memungkinkan didesain sesuai kemauan konsumen, salah satunya didesain menjadi ambulans. Starex memiliki panjang 5.150 mm, lebar 1.920, tinggi 2.120 mm.

Oleh pabrikan, mobil ini disematkan mesin diesel 2.497 cc semburan 134 tenaga kuda. Berdasarkan situs resmi HMI, mobil dijual Rp422 juta on-the-road Jakarta.



Ambulan kedua yaitu Toyota Hiace yang didesain khusus pasar fleet di Indonesia yang umum memenuhi kebutuhan segmen pasar kendaraan komersial bidang penyedia jasa travel dan pariwisata hingga dijadikan ambulans. Dilihat dari bentuk bagian belakang merupakan Hiace model lawas.

PT Toyota-Astra Motor (TAM) sebagai agen pemegang merek (APM) Toyota di Indonesia mendatangkan unitnya dari Thailand. Di industri otomotif, kendaraan ini terlahir sebagai van yang punya kabin lega. Hiace punya panjang 5.380 mm, lebarnya 1.880 mm, tinggi 2.285 mm

Seperti APM HMI, TAM juga menjual Hiace mesin diesel 2.755 cc dengan berbagai opsi konfigurasi kursi untuk bersaing dengan Hyundai Starex Mover. Untuk versi mewah Hiace keluaran terbaru, TAM menjualnya mulai Rp516,6 juta on-the-road Jakarta.

Selain produk Hiace dan Starex Mover, konsumen fleet di Indonesia bisa juga mengandalkan van komersial dari Kia, yaitu Travelo, Pregio. Kia dan Hyundai adalah merek mobil Korea yang cukup serius bermain di segmen ini. (mik)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK