Pemerintah Buka Akses Internet di Wamena

CNN, CNN Indonesia | Sabtu, 28/09/2019 17:19 WIB
Pemerintah Buka Akses Internet di Wamena Ilustrasi (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah telah membuka akses internet di Wamena, Papua, Sabtu (28/9) mulai pukul 09.00 WIT. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyampaikan Pembukaan layanan data ini dilakukan atas pertimbangan situasi dan kondisi keamanan yang telah pulih di wilayah itu.

"Situasi dan kondisi keamanan di wilayah Kabupaten Wamena telah pulih dan normal berdasarkan koordinasi dengan instansi penegak hukum dan aparat keamanan," seperti tertulis dalam siaran pers Kementerian Komunikasi dan Informatika yang diterima CNNIndonesia.com, Sabtu (28/9).

Sebelumnya, pemerintah melakukan pembatasan layanan data internet di Kabupten Wamena pada Senin (23/9). Pembatasan dilakukan setelah terjadi aksi unjuk rasa dan kerusuhan massa di Wamena.


Dalam siaran pers tersebut, Fernandus Setu menyebut aksi unjuk rasa dan kerusuhan dipicu oleh distribusi informasi hoaks, kabar bohong dan ujaran kebencian.


Layanan data internet pada 15 persen titik BTS di Kota Jayapura juga dipulihkan. Sebanyak 15 titik internet di Jayapura sempat masih dibatasi ketika sebagian besar wilayah lainnya telah dibuka pada 13 September 2019.


"Dengan demikian seluruh layanan telekomunikasi dan internet di 29 kabupaten/kota di Provinsi Papua dan 13 kabupaten/kota di Provinsi Papua Barat telah berfungsi normal seperti semula," jelas Fernandus.

Lebih lanjut, Kemenkominfo mengimbau agar warga tidak menyebarkan informasi hoaks, kabar bohong. Warga juga diimbau tak melontarkan ujaran kebencian berbasis SARA, hasutan dan provokasi melalui media apapun termasuk media sosial. Hal ini dilakukan agar situasi dan kondisi keamanan di Provinsi Papua dan Papua Barat yang telah kondusif dan pulih tetap terjaga.

(eks)