Perbaiki Masalah Baterai, Apple Rilis iOS 13.1.1

Tim, CNN Indonesia | Senin, 30/09/2019 17:00 WIB
Perbaiki Masalah Baterai, Apple Rilis iOS 13.1.1 Ilustrasi Apple. (Josh Edelson / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple merilis iOS 13.1.1 untuk mengatasi masalah pemborosan baterai setelah pengguna memperbarui sistem operasi iOS 13 dan memperbaiki fitur keyboard dari pihak ketiga yang dapat mentransfer data melalui internet.

Dilansir The Verge, iOS 13.1.1 juga berfungsi untuk meningkatkan pengenalan Siri pada iPhone 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max serta memperbaiki bug yang menjadi penyebab lambatnya sinkronisasi pada fitur Reminders atau Pengingat.

Pembaruan iOS 13 tidak hanya tersedia pada trio iPhone 11 namun Apple juga menyediakan iPadOS 13.1.1 untuk perangkat iPad, seperti yang dikutip Tech Radar.


Pembaruan iOS 13 telah dirilis secara resmi pada 19 September 2019. Distribusi iOS 13 diluncurkan sehari sebelum trio iPhone 11 disalurkan ke pelanggan 20 September lalu.

Aspek keamanan menjadi salah satu perhatian utama Apple pada pembaruan iOS 13. Kabar bocornya percakapan yang bisa didengar Siri memicu kekhawatiran pengguna.

iOS 13 dilengkapi fitur berupa peringatan aplikasi apa saja yang bisa melacak lokasi pengguna. Notifikasi akan muncul secara otomatis ketika ada aplikasi yang melacak lokasi pengguna. Selain lokasi, fitur yang menjalankan VoIP (Voice over Internet Protocol) meskipun saat aplikasi sedang tidak digunakan.

Perusahaan asal Cupertino, AS ini juga menyematkan fitur pengaturan VoIP yang membantu pengguna memberikan izin saat mengaktifkannya. Hal ini dilakukan untuk menghindari aksi pencurian data yang tersimpan dalam ponsel.

Selain tersedia untuk tiga iPhone 11 terbaru, iOS 13 juga tersedia untuk iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE, dan iPod Touch generasi ketujuh. (din/age)