Uji Produk

Vivo V17 Pro Paket Kamera Komplit, Baterai Irit

Ervina Anggraini & Tim, CNN Indonesia | Rabu, 02/10/2019 12:40 WIB
Vivo V17 Pro. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Vivo memboyong generasi penerus seri V yakni V17 Pro dengan konsep seperti pendahulunya. Seperti halnya V15, kali ini V17 Pro juga dipersenjatai kamera 'pop up'.

Kali ini kamera depan 'menyembul' V17 Pro dibekali dua buah sensor. Produsen asal China ini terhitung getol memperkenalkan ponsel dengan secara total dilengkapi enam sensor: empat sebagai kamera utama dan dua untuk selfie.

Selain aspek kamera, V17 Pro juga mengalami sedikit peningkatan di sisi kapasitas baterai sebesar 4.100 mAh dibandingkan V15 yang 'hanya' 4.000 mAh.


Banyak peningkatan bukan berarti Vivo tak memboyong aspek yang' diturunkan' dari generasi sebelumnya. V17 Pro tidak mendapat peningkatan cip dari pendahulunya yakni sama-sama menggunakan Snapdragon 675.

CNNIndonesia.com berkesempatan mengulas performa Vivo V17 Pro yang diklaim sebagai ponsel dengan dua kamera depan pertama di dunia.

Vivo V17 Pro Paket Kamera Komplit, Baterai IritFoto: CNN Indonesia/Hesti Rika
Desain dan layar

Lebar body selebar 74,7 mm, ponsel tetap terasa nyaman untuk dioperasikan menggunakan satu tangan. Kendati tak dipungkiri jika kelamaan akan terasa pegal lantaran bobot ponsel 201 gram.

Tombol power dan volume ditempatkan berjejer di sisi kiri ponsel. Sementara tombol kanan terdapat akses cepat untuk 'Google Assistant'. Berbeda dengan kompetitor, Vivo tak memberi opsi kostumisasi untuk mengganti fungsi tombol ini untuk akses ke menu lain.

Lubang audio 3,5 mm berada di sisi kanan atas yang bersebelahan kamera depan yang akan menyembul keluar saat hendak dipakai. Kamera depan 32MP dan ultrawide 8MP serta sebuah flash akan menyembul saat dari sisi atas bodi ponsel ketika akan dipakai untuk selfie.

Sebuah speaker, lubang USB-C, dan laci penyimpanan dua kartu SIM ditempatkan di sisi bawah. Vivo melengkapi pengisian daya baterai dengan teknologi isi ulang cepat (fast charging) standar 18-watt.

Vivo membekali V17 Pro sebuah 'hard casing' dalam paket penjualan dengan sebuah 'penutup' khusus untuk colokan USB-C. Patut diakui jika casing sangat membantu terhindar dari benturan atau ketika ponsel tak sengaja terjatuh. Hanya saja, CNNIndonesia.com butuh tenaga ekstra karena kesulitan untuk membuka casing ponsel.

Di bagian belakang terdapat empat buah kamera dengan sebuah flash yang disusun secara vertikal tepat di bagian tengah atas punggung ponsel. Keempatnya terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera telephoto 13 MP, kamera ultra lebar (ultrawide) 8MP, dan depth sensor 2 MP.

CNNIndonesia.com terasa posisi susunan kamera berada terlalu ke bawah sehingga tak jarang saat mengabadikan objek, bayangan jari ikut terfoto. Tak hanya itu, sensor kamera juga menjadi mudah kotor lantaran kerap tersentuh sidik jari saat ponsel digenggam.

Beralih ke aspek layar, konsep kamera 'pop up' yang hanya muncul saat hendak berfoto selfie membuat layar seluas 6,44 inci Super AMOLED dengan rasio 20:9 tanpa lubang kamera depan dan poni terasa lapang dan bersih. Rasio layar ke bodi ponsel sebesar 84,3 persen membuat pandangan terasa lebar.

Hanya saja, layar ponsel tetap tidak bisa dimaksimalkan untuk semua fungsi. CNNIndonesia.com mencoba menyaksikan beberapa serial Netflix. Kendati paduan warna terasa pas, ada beberapa tayangan yang menampilkan celah (gap) sehingga tak penuh satu layar.

V17 Pro menyematkan teknologi sensor sidik jari di layar ponsel untuk mendukung keamanan. Anda bisa mengakses pengaturan > sidik jari dan kata sandi > pilih tambah sidik jari > pilih opsi kata sandi mulai dari paduan 4 digit, 6 digit, pola, atau alfanumerik > kemudian mulai sentuh dengan sedikit tekanan di bagian layar.

[Gambas:Video CNN]

Lanjut ke halaman berikutnya: performa empat kamera belakang dan dua kamera depan 'menyembul'
HALAMAN :
1 2 3